nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Omongannya Ngelantur, Pelaku Penembakan di Semarang Dibawa ke Rumah Sakit Jiwa

Taufik Budi, Jurnalis · Selasa 08 Januari 2019 21:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 08 512 2001736 omongannya-ngelantur-pelaku-penembakan-di-semarang-dibawa-ke-rumah-sakit-jiwa-LeQ9Bu2e8f.jpg ilustrasi

SEMARANG – Polisi telah meringkus pelaku penembakan di konter HP MJ Sel di Kota Semarang, Jawa Tengah. Namun, omongan pelaku ngelantur hingga dibawa petugas ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Amino Gondohutomo untuk diperiksa kejiawannya.

Pelaku diketahui bernama Joko Dwi Prasetyo (23), warga Jalan Tambak Dalam 1 RT 2/3 Kelurahan Sawah Besar Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Saat beraksi dia menggunakan senjata jenis airsoft gun GEM319.

loading...

"Pelaku dibawa ke RSJ Amino Gondohutomo untuk dilakukan observasi kejiwaannya. Hasil pemeriksaannya keluar kurang lebih tiga minggu," kata Kapolsek Gayamsari Kompol Wahyuni Sri Lestari, Selasa (8/1/2019).

(Baca Juga: Penembakan di Konter HP Semarang Buntut Cinta Ditolak)

Dia menyampaikan, saat diperiksa polisi pelaku tidak bisa memberikan informasi yang jelas. Pertanyaan yang diajukan penyidik tak mendapatkan jawaban yang sinkron. “Jawaban yang disampaikan pelaku dan yang ditanyakan tidak sinkron," ujarnya.

Polisi masih menunggu hasil pemeriksaan dari RSJ. Jika hasil observasi terbukti menderita gangguan jiwa maka proses hukum tidak bisa berlanjut. Namun, jika pria itu kejiwaannya normal dikenakan Pasal 406 KUHP tentang perusakan dengan ancaman hukuman dua tahun penjara.

"Kalau tidak ada gangguan jiwa berarti proses lanjut. Tapi nanti jika terindikasi ada gangguan kejiwaan maka tidak sampai ranah pengadilan. Untuk barang bukti airsoft gun kita sita untuk proses penyelidikan," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, konter MJ Sel ditembaki oleh pria tidak dikenal, Senin 7 Januari sekira pukul 09.30 WIB. Saat kejadian terdapat penjaga konter, Yuli Astuti (21) dan kakak iparnya, Arif Firmansyah. Pelaku yang mengendarai motor tiba-tiba melepas tembakan hingga berkali-kali.

Beruntung korban berada dalam konter langsung merunduk dan menyelamatkan diri. Peluru airsoft gun yang diletuskan pelaku menembus kaca etalase. Polisi yang mendapat laporan tersebut langsung melakukan olah tempat kejadian perkara dan mengejar pelaku.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini