nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Aksi Kejahatan di Minimarket Depok, Nomor 5 Libatkan Oknum The Jak

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2019 14:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 10 338 2002585 6-aksi-kejahatan-di-minimarket-depok-nomor-5-libatkan-oknum-the-jak-jfreHFglNj.jpg Ilustrasi

DEPOK - Maraknya aksi tindak kejahatan yang melibatkan minimarket di wilayah Depok, Jawa Barat belakangan ini menjadi perhatian khusus yang harus dibenahi oleh pihak kepolisian. Pasalnya sederet kejadian yang telah terjadi menandakan minimarket di kota berikon belimbing ini rawan akan tindak kejahatan dan dinilai sudah meresahkan masyarakat Depok.

Berikut sederet aksi kejahatan di minimarket sekitar Depok:

loading...

1. Pencurian di Minimarket Tanah Baru

Baru-baru ini aksi pencurian minimarket kembali terjadi di jalah Cahaya Titis RT02/RW02, Tanah Baru, Beji, Depok dibobol pencuri, pada Kamis 10 Januari 2019 sekira pukul 02.00. WIb. Polisi masih melakukan penyelidikan guna mengetahui identitas pelaku pencurian tersebut.

(Baca Juga: Aksi Pembobolan Minimarket Kembali Terjadi di Depok)

"Pelaku masuk dengan menjebol atap plafon gudang dan menagacak-ngacak barang dan brangkas uang. Kami belum tau kerugianya masih dihitung," kata Dewi salah satu pegawai minimarket, Kamis (10/1/2019).

2. Pencurian oleh WN Iran


Selain itu kasus kejahatan terhadap minimarket juga pernah terjadi di wilayah Depok yakni pada 18 Maret 2018 yang melibatkan Warga Negara Asing (WNA) asal Iran di Jalan Raya Bogor KM 33. Saat itu pelaku berpura-pura membeli dan membayar menggunakan mata uang asing, karena tak bisa pelaku menipu kasir dengan meminta menukarkan uang tersebut.

"Pelaku mengeluarkan uang asing sebesar USD 100. Dia minta pada korban untuk menukarkan dengan mata uang rupiah. Saya sempat mengeluarkan uang dari mesin kasir sebesar Rp 5 juta. Ketika saya keluarkan uang, dia sambil mengajak ngobrol saya dan tangan kirinya mengambil uang. Ini terekam di CCTV. Saya baru sadar ketika menghitung uang untuk dikembalikan ke mesin saya hitung kurang Rp 1,4 juta," ujar Dicky pegawai minimarket.

3. Perampokan dengan Senpi


Kemudian perampokan menggunakan senjata api di jalan raya Rumah Tahanan Militer (RTM) Depok Kamis 26 April 2016. Sekira pukul 09.00 Wib. pagi dengan mendongkan Senpi pelaku menggasak uang puluhan juta dan menyakap pegawai di gudang.

"Pelaku masuk ke dalam dua orang langsung meminta uang yang ada di berangkas kemudian yang satu masuk meminta paksa uang yang ada dikasir, kemudian pegawai di ikat dan disekap," ujar Ayu pegawai minimarket.

4. Pencurian dengan Menjebol Atap Minimarket Beji


Kemudian, pencurian dengan menjebol atap juga kembali terjadi di jalan Bambon Raya, Kelurahan Beji, Kecamatan Beji, Depok, Jawa Barat. Pada Sabtu 20 Oktober 2018, sekira pukul 03.15 Wib, dinihari. Uang sekantong pelastik sebesar Rp. 621.000, dicuri. Tidak lama pelaku Heindar Reinaldi tertangkap.

"Hasil olah TKP Unit Reskrim Polsek Beji ditemukan sebuah plastik yg berisi uang sebesar Rp. 621.000, yang diduga hasil pencurian, pelaku mengakui telah melakukan pencurian tersebut dan pelaku sebelumnya berniat akan mengambil barang milik Indomart diantaranya rokok dan uang namun alarm berbunyi dan pelaku melarikan diri," kata Paur Humas Polresta Depok Ipda I Made Budi.

5. Pengrusakan oleh Suporter Sepak Bola


Setelah itu, oknum suporter sepak bola The Jak Mania mengeroyok juru parkir Fahrul Irfan dan pegawai minimarket Chandra Wijaya di Jalan Pitara RT 03/19, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat pada Minggu 09 Desember 2018 pukul 13.00 Wib. Pendukung tim Persija Jakarta itu juga melakukan pengerusakan hingga kaca pintu mini market pecah.

"Suporter itu tidak terima ditegur jukir kalau kendaraan yang ditumpangi menghalangi mobil yang ingin masuk ke minimarket. Mereka menghajar jukir dan pegawai minimarket karena merekam kejadian. Mereka juga merusak kaca minimarket," tutur Kapolsek Pancoranmas Kompol Rony Wowor

6. Perampokan saat Natal di Minimarket Sukmajaya


Perampokan minimarket juga terjadi di hari raya Natal 2018 tepat di Jalan Keadilan, Kelurahan Abadijaya, Sukmajaya pada selasa (25/12/2018) sekira pukul 22.00 WIB. Dengan menggunakan senjata api pelaku merampok uang Rp 30 juta dan menyekap pegawai.

"Pelaku mengenakan masker polos warna hitam, dan helm Grab masuk, pas kejadian itu sudah tutup, lagi beres-beres. Dia masuk mindik-mindik gitu dan langsung nodongin pisau dapur terus suruh saya masuk. Enggak lama dia ngeluarin pistol dari kantong belakang terus ditodongin," ucap pegawai minimarket Elsa Setiawati.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini