nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Latih Pembuatan Pupuk Organik, Perindo Gunungkidul Dukung Kemandirian Ekonomi

Kuntadi, Jurnalis · Senin 14 Januari 2019 09:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 14 510 2004018 latih-pembuatan-pupuk-organik-perindo-gunungkidul-dukung-kemandirian-ekonomi-zs0o9JR9Nk.jpg Pelatihan pembuatan pupuk organik oleh Perindo Gunungkidul. (Foto: Kuntadi/Okezone)

GUNUNGKIDUL – Partai Perindo terus melakukan pendampingan kepada warga di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dalam meningkatkan taraf hidup dan perekonomian. Salah satunya dengan mendorong sektor usaha perkebunan pepaya jenis kalifornia. Perindo mengajarkan warga dari proses pembibitan, perawatan, pembuatan pupuk organik, sampai pemasaran.

Ketua DPD Partai Perindo Gunungkidul Agung Nugroho mengatakan, pihaknya berkomitmen melakukan pendampingan kepada masyarakat. Mereka ingin mengajarkan masyarakat kemandirian dan mampu mengatasi masalah perekonomian. Salah satunya melalui pengembangan pepaya kalifornia yang telah dibuktikan dengan pelatihan pembibitan, pembagian benih, sampai perawatan dan pembuatan pupuk organik.

"Harapan kita bisa memberikan dampak positif kepada warga," jelas Agung di sela pelatihan pembuatan pupuk, di Dusun Batur, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Minggu 13 Januari 2019.

Ilustrasi pupuk. (Foto: Corbis)

Langkah pendampingan ini, kata dia, menjadi salah satu wujud konsistensi Perindo dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Kegiatan tersebut banyak memiliki nilai positif untuk mewujudkan kemandirian. Apalagi, pengembangan perkebunan ini mudah dan tidak butuh lahan luas, sedangkan masa panen lebih panjang dengan perawatan yang mudah.

"Kita latih mereka dari proses teori sampai praktik di lapangan," terang Agung.

Para petani yang mengikuti program pelatihan mengaku sangat senang. Selama ini mereka belum mengetahui cara pembuatan pupuk organik yang berkualitas. Para petani hanya langsung menaburkan kotoran dari hewan ternak ke area persawahan tanpa dikelola terlebih dahulu.

"Pelatihan pembuatan pupuk organik sangat membantu kami," jelas salah seorang warga bernama Mugimin.

Pelatihan pembuatan pupuk tersebut sangatlah efektif serta mampu meningkatkan hasil pertanian. Mereka selama ini terkendala keterbatasan lahan dan kondisi tanah yang kurang bagus. Namun dengan pendampingan, mereka berharap hasilnya akan lebih melimpah.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini