Banjir dan Longsor Melanda Pasaman Barat Dampak Curah Hujan Tinggi

Antara, · Rabu 16 Januari 2019 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 16 340 2005254 banjir-dan-longsor-melanda-pasaman-barat-dampak-curah-hujan-tinggi-dzAQXNwdf5.jpg Banjir di Pasaman Barat, Sumatera Barat. (Foto: Ist)

SIMPANG EMPAT – Bencana tanah longsor dan banjir melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. Peristiwa ini akibat curah hujan yang tinggi sejak Selasa 15 Januari 2019 malam.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat, Tri Wahluyo, membenarkan longsor dan banjir terjadi di sejumlah titik. Masing-masing di Bateh Samuik, Kecamatan Talamau, ada tiga titik dengan ketinggian tanah 3 meter, panjang 20 meter, dan lebar 8 meter.

"Akibat longsor ini, arus transportasi terputus hingga Rabu siang ini. Saat ini sejumlah personel membersihkan material longsor," kata Tri di Pasaman Barat, seperti dikutip dari Antaranews, Rabu (16/1/2019).

(Baca juga: Dilanda Hujan Deras, Kebumen Dikepung Banjir dan Longsor)

Selain itu, ada satu rumah ambruk di Jorong Bateh Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau. Rumah tersebut diketahui milik Sariyati, dan ambruk akibat tingginya curah hujan dengan tanah yang labil.

"Tidak ada korban jiwa dalam bencana itu. Saat ini petugas membantu warga yang mendapat kemalangan itu," ujar Tri.

Ilustrasi tanah longsor. (Foto: Okezone)

Selain longsor, terjadi juga bencana banjir setinggi 50 sentimeter di Batang Saman. Banjir tersebut akibat meluapnya Sungai Batang Saman.

(Baca juga: Sungai Batanghari Meluap, 4 Kecamatan di Jambi Terendam Banjir)

"Sejak Selasa 15 Januari malam, kami membantu evakuasi peralatan rumah dan siaga di wilayah Batang Saman," papar Tri.

BPBD juga telah menyerahkan bantuan kebutuhan pokok kepada warga korban bencana. Kemudian menyalurkan bantuan terpal untuk korban yang rumahnya ambruk.

Ia pun mengimbau kepada warga agar tetap waspada terkait curah hujan yang tinggi karena wilayah Pasaman Barat sangat rawan banjir, longsor, dan abrasi.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini