nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi Akan Bangun Perumahan Subsidi untuk Berbagai Komunitas

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Sabtu 19 Januari 2019 18:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 19 525 2006715 presiden-jokowi-akan-bangun-perumahan-subsidi-untuk-berbagai-komunitas-ajuInQNWZ4.jpg Presiden RI, Joko Widodo (foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membangun perumahan subsidi untuk berbagai komunitas di Indonesia. Kali ini, ia membangun 150 rumah bersubsidi untuk Persaudaraan Pemangkas Rambut Garut (PPRG), di Garut.

"Ini akan kita mulai yang pertama untuk pembangunan rumah komunitas di Garut. Nantinya kita juga akan bangun di provinsi-provinsi yang lain untuk komunitas-komunitas yang berbeda," kata Jokowi saat meletakkan batu pertama di lokasi, Sabtu (19/1/2019).

Jokowi mengatakan, untuk tahap pertama, ada 150 rumah yang akan dibangun untuk anggota PPRG. Rumah yang dibangun memiliki luas bangunan 30 meter persegi dan luas tanah 60 meter persegi. Saat ini, meski pembangunan belum dimulai, sudah 140 rumah yang laku.

 joko

Para pembeli mendapat subsidi lewat Fasilitas Likuiditas Pembayaran Perumahan (FLPP) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bekerjasama dengan Bank BTN.

"Sehingga nanti di dalam harga itu, ada subsidi uang muka Rp4 juta, kemudian subsidi bunga disubsidi Rp5 persen," kata Jokowi.

"Kita harapkan nantinya cicilan per bulan kurang lebih Rp800.000 dari rumah dan tanah seharga Rp130 juta," tambah dia.

Jokowi mengatakan, komunitas-komunitas yang tertarik untuk mendapatkan rumah subsidi dari pemerintah bisa mengusulkannya langsung ke Dirjen Perumahan Kementerian PUPR.

"Disitu baru nanti dicarikan tanah, dicarikan fasilitas kreditnya, kemudian carikan developernya," kata Jokowi.

joko

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini