Ziarah ke Makam Habib Abdullah Bangil, PDIP Berdoa agar Pemilu Berjalan Lancar

Fahreza Rizky, Jurnalis · Sabtu 26 Januari 2019 12:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 26 605 2009701 ziarah-ke-makam-habib-abdullah-bangil-pdip-berdoa-agar-pemilu-berjalan-lancar-L2LzItRSdA.jpg Rombongan Safari Kebangsaan VI Dipimpin Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Ziarah ke Makam Habib Abdullah Al Haddad Sangeng, Pasuruan, Jawa Timur (foto: Fahreza/Okezone)

PASURUAN - Rombongan Safari Kebangsaan VI dipimpin Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto melakukan ziarah ke makam Habib Abdullah Al Haddad Sangeng (Kramat Bangil) dan keluarga, di Kelurahan Bendo Mungal, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (26/1/2019).

Ziarah itu dilakukan oleh Hasto didampingi oleh Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat dan Habib Sholeh Al Muhdar yang merupakan Tim KH Ma'ruf Amin. Kedatangan mereka disambut oleh Takmir Makam Sudin, dan sejumlah masyarakat setempat. Hadir pula Habib Soleh Al Muhdar, serta Habib Fahmi Almusawah.

(Baca Juga: Tidak Benar Jika Semua Habib Hanya Mendukung Prabowo-Sandi) 

Rombongan langsung masuk ke dalam kompleks makam. Kemudian bersama-sama memanjatkan doa. Suasana tampak tenang. Para masyarakat antusias menyambut kedatangan rombongan.

Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto usai berziarah ke makam Habib Abdullah Al Haddad Sangeng, Pasuruan, Jatim (foto: Fahreza/Okezone)	Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto usai berziarah ke makam Habib Abdullah Al Haddad Sangeng, Pasuruan, Jatim (foto: Fahreza/Okezone) 

Hasto menuturkan bahwa berziarah makam merupakan bagian dari tradisi masyarakat. "Ini merupakan bagian dari tradisi kita, ziarah kubur. Untuk itulah, seorang pemimpin bangsa harus memahami adat istiadat," ujar Hasto.

Melalui ziarah kubur itu, Hasto berujar, semua memanjatkan doa. Selain doa untuk Habib Abdullah dan keluarga, doa dipanjatkan untuk bangsa dan negara.

"Agar pemilu dapat berjalan dengan lancar," kata Hasto.

(Baca Juga: Catat, Ini Sederet Capaian Positif Jokowi Jelang Pilpres 2019) 

Habib Abdullah dilahirkan di Kota Hawi, Tarim, 2 Syafar 1261 H. Habib Abdullah terkenal sebagai ulama yang konsisten memperjuangkan kebenaran.

Pada 1297 H, Habib Abdullah hijrah dalam rangka berdakwah ke negeri Melayu. Awalnya, Habib Abdullah menuju Singapura, Johor dan meneruskan dakwah ke pulau Jawa. Lalu meneruskan perjalanan ke kota Bogor, Solo dan Surabaya. Sampai akhirnya pada tahun 1301 H, tepatnya akhir Syawal, tiba di Kota Bangil.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini