Saling Tuding, BPN Serang Balik Kubu Jokowi Jalankan Propaganda Firehose of Falsehood

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 05 Februari 2019 13:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 05 605 2013932 saling-tuding-bpn-serang-balik-kubu-jokowi-jalankan-propaganda-firehose-of-falsehood-2LOEPiShoR.jpg Prabowo (Okezone)

JAKARTA - Anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Renanda Bachtar, menilai kubu Jokowi-Ma'ruf yang justru menggunakan strategi 'firehose of falsehood' lantaran menuduh paslon tertentu menjalankan propaganda ala Rusia.

Renanda menjelaskan, tuduhan yang dilontarkan oleh kubu Jokowi jelas ditujukan untuk paslon 02. Namun, tuduhan tersebut dinilai tidak berdasar dan tidak bisa dibuktikan secara empirik.

 Baca juga: Soal Propaganda Rusia, Maksud Jokowi Mengarah ke Operasi Semburan Fitnah

Celakanya, penggunaan kalimat propaganda Rusia oleh petahana justru mengundang potensi kegaduhan antar negara dan itu bukanlah persoalan sepele.

"Lebih jauh lagi stigmatisasi ini justru mengundang pertanyaan balik, mengingat ciri-ciri dari pola "firehose of falsehood" sebagiannya malah dilakukan oleh tim pemenangan paslon 01," kata Renanda kepada Okezone, Selasa (5/2/2019).

 Baca juga: TKN: Timses Prabowo Membenturkan Jokowi dengan Pemerintah Rusia

Wasekjen Partai Demokrat itu menyarankan agar kubu Jokowi menahan diri tidak mengembangkan narasi serta tuduhan yang tidak didukung data dan fakta. Sebab, bila itu terus dilakukan maka hanya akan menimbulkan kegaduhan dalam iklim perpolitikan Tanah Air.

"Saran saya, sebaiknya pihak Paslon 01 menahan diri untuk tidak mengembangkan narasi serta tuduhan yang tidak terdukung oleh data dan fakta, yang hanya membuat semakin gaduh dan memanasnya situasi politik di tanah air, dan bahkan tak jarang malah berbalik menghasilkan persepsi negatif pada pihak paslon 01," tegas Renanda.

 Baca juga: Ketum Golkar Bantah Jokowi Blunder soal Propaganda Rusia

Sekadar informasi, Jokowi ketika menghadiri Forum Alumni Jawa Timur di Tugu Pahlawan Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu 2 Februari 2019 menyatakan dunia perpolitikan di Indonesia dipenuhi banyak fitnah dan kabar bohong atau hoaks.

Persoalan tersebut karena adanya adu domba ala asing. Dia mengungkapkan ada tim sukses yang menyiapkan propaganda ala Rusia. Namun, Jokowi tidak mengungkapkan siapa tim sukses dimaksud.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini