nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Petani Binaan Partai Perindo Grobogan Panen Padi Merah dan Hitam

Bramantyo, Jurnalis · Jum'at 08 Februari 2019 19:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 08 512 2015488 petani-binaan-partai-perindo-grobogan-panen-padi-merah-dan-hitam-HFL5c9q08y.jpg Ilustrasi

GROBOGAN - Tren pertanian organik kini mulai merambah sistem pertanian di beberapa wilayah salah satunya Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Permintaan hasil pertanian salah satunya beras organik meningkat tajam. Meskipun harga beras organik jauh lebih mahal dari beras biasa namun peminatnya terus bertambah.

Melihat peluang pertanian organik yang dinilai sangat menguntungkan petani dan Partai Perindo hadir untuk memberikan pelatihan pengembangan penamanan padi dengan sistem organik.

Edi Sutjahyo, calon legislatif (caleg) Perindo DPRD dapil I Grobogan nomor urut 4, sampaikan penyuluhan pertanian dan dilanjutkan dengan panen perdana padi merah dan hitam organik binaan dari Partai Perindo.

Petani padi merah dan padi hitam organik ini banyak ditemui di Desa Mbeliksari Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan Jawa Tengah.

"Kita berikan penyuluhan pada petani untuk lebih meningkatkan produktivitas hasil panennya," jelasnya Jumat (8/2/2019).

Panen ini merupakan masa panen yang kedua, dan di panen di area persawahan seluas 6500 meter persegi. Diperkirakan hasilnya mencapai 4 ton. Jenis padi yang di panen merupakan jenis padi premium yang harganya juga lebih mahal dari padi biasa.

Di pasaran, lanjutnya harga per kilogram untuk beras hitam bila sudah sampai Jakarta harganya mencapai Rp50 ribu per kilo. Untuk jenis beras merah harganya sekitar Rp30 ribu. Biasanya yang mengkonsumsi beras jenis ini biasanya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan masih banyak lagi.

"Panen perdana dilakukan oleh pak Kuntum, beliau caleg DPR RI," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini