nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nikmati Pempek di Palembang, Hary Tanoe: UMKM Butuh Dukungan Pemerintah

Amril Amarullah, Jurnalis · Jum'at 08 Februari 2019 20:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 08 610 2015540 nikmati-pempek-di-palembang-hary-tanoe-umkm-butuh-dukungan-pemerintah-XGNbb5CDun.jpg

PALEMBANG - Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo menjelajahi Kampung Pempek di Jalan Mujahiddin, 26 Ilir, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis malam (7/2/2019).

Ditemani Sekjen Ahmad Rofiq, Wasekjen Donny Ferdiansyah dan Ketua DPW Sumatera Selatan Febuar Rahman, Hary menyantap nikmatnya pempek Palembang.

Sambil mendengarkan cerita sang pemilik warung tentang usaha pempek yang sudah ditekuninya selama bertahun-tahun, Hary memberikan saran dan motivasi bagi pelaku UMKM tersebut.

"Dalam satu hari cukup banyak pengunjung, 12 jam kerja, dan baru punya satu tempat, padahal omzetnya besar. Jadi, saya sarankan untuk buka di tempat lain," ungkap Hary.

Menurutnya, perlu peran pemerintah agar UMKM yang ada di Palembang bisa berkembang dan maju, antara lain dengan memberikan kemudahan akses dana murah.

"Bangun UMKM daerah. Berikan pembiayaan murah, pelatihan supaya berkembang, sehingga menciptakan lapangan kerja, omzet makin besar, ikut membangun ekonomi daerah," kata Hary.

Kemudahan akses dana murah, kata Hary, diberikan bagi UMKM yang potensial, yang menekuni usahanya dengan serius dan tumbuh dengan baik.

Adapun, bagi UMKM yang baru merintis, bisa diberikan berbagai pelatihan agar usahanya kian berkembang dan maju.

"Misal, pelatihan bagaimana melayani pelanggan dengan baik, bagaimana menjaga kualitas. Kulitas makanan, pelayanan dan harga sangat dibutuhkan untuk menarik konsumen," katanya.

Pria yang juga Ketua umum Federasi Futsal Indonesia itu menambahkan, kebutuhan dan permasalahan UMKM di setiap daerah berbeda. Jadi, setiap pihak perlu turun langsung untuk mengetahui permasalahan dan mencarikan solusi pengembangannya.

"Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membangun UMKM di daerah, kita harus tahu permasalahannya masing-masing," tutur Hary yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur itu.

Oleh karena itu, Hary rajin blusukan, turun ke lapangan agar bisa memahami permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

"Saya berkunjung ke daerah, sekaligus melihat kondisi di lapangan. Supaya realistis, tidak berteori. Kita tahu permasalahan daerah satu dengan daerah yang lain pasti berbeda," kata Hary.

Sementara itu, sang pemilik warung berharap setelah kedatangan Hary malam itu usaha pempeknya bisa lebih maju lagi. "Harapannya, usaha ini bisa lebih berkembang lagi. Pak Hary datang, lebih maju lagi," katanya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini