nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perindo: Pengobatan Pasien DBD Harus Gratis

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Selasa 12 Februari 2019 20:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 12 340 2017031 perindo-pengobatan-pasien-dbd-harus-gratis-sMxCc67NUO.jpg

MEDAN - Para calon anggota legislatif Partai Persatuan Indonesia (Perindo) berkunjung menemui masyarakat (blusukan) di tiga kelurahan di Kecamatan Medan Kota dan Medan Amplas, Kota Medan, Selasa (12/2/2019).

Ikut dalam kelompok caleg itu, Caleg DPR-RI Partai Perindo nomor urut 1 dari dapil Sumut-1, caleg DPRD-Sumut Partai Perindo nomor urut 1 dari dapil Medan-A, serta caleg DPRD-Kota Medan Partai Perindo nomor urut 2 dari dapil Medan-4, Godfried Lubis.

Pantuan Okezone, para caleg mendatangai satu demi satu rumah warga untuk mensosialisasikan pencalegan mereka, sembari menjemput langsung aspirasi warga akan pembangunan yang warga harapkan.

Di sela-sela sosialisasi, kader dan para caleg Perindo juga menggelar bakti sosial kesehatan masyarakat, berupa pelaksanaan pengasapan (fogging) untuk memusnahkan nyamuk Aedes Aegypi penyebab demam berdarah dengeu (DBD), maupun serangga penyebab penyakit menular lainnya.

Rudi Zulham Hasibuan mengatakan, kegiatan blusukan dan fogging ini mereka lakukan dalam rangka memenangkan Partai Perindo pada Pemilu Legislatif April 2019 mendatang, sekaligus membantu mengatasi kekhawatiran masyarakat Kota Medan dari bahaya DBD. Sesuai dengan instruksi Ketua Umum DPP Perindo, Hary Tanoesoedibjo yang telah menjadikan fogging sebagai program bantuan prioritas Perindo secara nasional.

"Apa yang kita lakukan ini sifatnya mencegah. Tapi ini hanya sementara. Ke depan masyarakat yang harus lebih berperan aktif menjauhkan diri dari DBD dengan menjaga pola hidup sehat dan memakan makanan bergizi,"sebut Ketua DPW Perindo Sumut itu.

Hal senada disampaikan Sekretaris DPW Perindo Sumut, J Donna Yulietta Siagian. Menurut Donna kaum ibu yang ada di kawasan itu harus menjadi garda terdepan bagi keluarga mereka, untuk melawan penyebaran penyakit DBD maupun penyakit menular lainnya.

"Untuk kampanye penyakit ibu adalah motor terbaik dalam keluarga, untuk menyadarkan anggota keluarga akan pentingnya hidup yang efektif dan sehat,"tukas caleg DPRD-Sumut Perindo nomor urut 1 dari dapil Sumut-1 (Medan-A) itu.

Dona mengatakan, saat sosialisasi tadi mereka juga bertemu dengan sejumlah ibu-ibu pekerja harian mengupas bawang. Donna sangat mengapresiasi upaya para ibu,-ibu itu mengisi waktu luang dengan mengerjakan sesuatu yang produktif dan dapat menambah penghasilan bagi keluarga mereka.

"Kita akan dukung kegiatan-kegiatan seperti ini. Kita siap membantu kelompok perempuan yang ingin berbuat lebih banyak untuk keluarga dan komunitasnya. Apalagi Perindo punya banyak program tentang kewirausahaan,"tukasnya.

Sementara itu Godfried Lubis meminta kepada pemerintah untuk menggencarkan sosialisasi terkait penanganan DBD di masyarakat. Karena hanya dengan cara itu penyakit DBD bisa ditangkal.

Pemerintah juga harus memastikan bahwa setiap korban DBD bisa ditangani secara baik dan gratis hingga sembuh.

"Malu sebenarnya kita kalau masih ada kasus DBD. Harusnya sudah habis. Begitupun kalau ada yang terjangkit, harus bisa diobati secara gratis. Sosialisasi-sosialisasi juga harus dilaksanakan. Dinas Kesehatan yang paling bertanggungjawab atas itu,"tukasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini