BSSN Sebut Ancaman Siber Jelang Pemilu Selalu Ada

Herman Amiruddin, Jurnalis · Selasa 12 Februari 2019 19:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 12 606 2016989 bssn-sebut-ancaman-siber-jelang-pemilu-selalu-ada-Bvd3rm0FMV.jpg

MAKASSAR - Rapat Koordinasi Nasional Bidang Kewasapadaan Nasioal Pemantapan Pemilu Serentak 2019 digelar di Hotel Claro Makassar Selasa (12/2/2019).

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh seluruh unsur Muspida dari berbagai Kabupaten/Kota wilayah Indonesia Timur. Serta BADAN Siber dan Sandi Negara (BSSN)

Deputi I BSSN Irjen Pol Dharma Pongrekun mengatakan dalam rapat juga dibahas antisipasi siber menjelang Pemilu 2019.

"Yang jelas kita sudah lakukan langkah-langkah dan juga kami sudah lakukan rapat dengan KPU yang dihadiri instansi yang terkait yang lainnya," kata Irjen Pol Dharma saat ditemui di Hotel Claro Makassar.

Adapun mengantisipasinya dengan membagi tugas masing-masing instansi terkait. Berkoordinasi dengan KPU dan intansi terkait pada sisi yang lain KPU maupun Bawaslu harus jeli melihat semua potensi ancaman ini agar tidak merusak proses demokrasi di Indonesia.

"Dengan kami membagi tugas hal-hal yang kami perlu kerjakan di dalam mengamankan pemilu yang akan datang. Jadi itu kami sudah membagikan tugas yang sudah kami lakukan sesuai pembagian tugas yang diberikan," ungkapnya.

Irjen Pol Dharma mengaku serangan siber dari seluruh dunia setiap detik dapat mengancam. Oleh sebab itu kata dia pihaknya mencoba memverifikasi dan mengantisipasi hal-hal yang perlu diantisipasi.

"Kita harapakan juga bisa berjalan aman lancar dan tidak ada gangguan signifikan. Saya berharap sikapi dengan bijak. Perkuat pertahanan nasional kita. Jangan lari daripada itu karna namanya kehidupan nyata gangguan itu selalu ada," jelasnya

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini