Partai Perindo Bina 70 Kelompok Tani di Grobogan Cara Buat Pupuk Kompos

Bramantyo, Jurnalis · Selasa 12 Februari 2019 19:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 12 606 2017012 partai-perindo-bina-70-kelompok-tani-di-grobogan-cara-buat-pupuk-kompos-iqXIc8sGuT.jpg

GROBOGAN - Perwakilan sekitar 70 kelompok tani binaan partai Perindo hadir dalam acara Praktek Pembuatan Pupuk Kompos dan Praktek Menanam Brambang yang digelar partai Perindo bersama dengan caleg DPRD Grobogan juga caleg DPR RI bertempat di Dusun Sambiwayang RT 1 / RW 3 Desa Karangsono, kecamatan Karangrayung kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Dijelaskan caleg DPR RI Kuntum Khairu Basa, mereka bukan hanya petani padi saja, namun ada juga petani jagung, brambang juga kelompok peternak.

Bahkan mereka juga petani dengan sistem pertanian organik yakni menanam beras hitam dan beras merah juga banyak dikembangkan kelompok tani Grobogan.

"Macam-macam kelompok petani. Jumlahnya sekitar 70 kelompok tani se kabupaten Grobogan," jelas Kuntum Khairu Basa, Selasa (12/2/2019).

Sekitar 70 kelompok tani masing-masing kelompok tani berisi sekitar 25 orang ini merupakan petani binaan partai Perindo.

Untuk mengurangi ketergantungan dengan pupuk kimia, pihaknya memberikan pelatihan membuat pupuk kompos.

Selain murah, bahan pembuatan pupuk kompos ini juga tanpa modal. Petani hanya menggunakan bahan yang ada di sekitarnya saja, tanpa harus membelinya.

Sehingga para petani bisa menekan biaya produksinya dengan begitu mereka bisa lebih baik dan sejahtera lagi kedepannya.

"Bahan pupuk ini dari bahan baku yang ada disekitar lingkungan tanpa harus membeli, misalkan gedebog pisang dicampur dengan kotoran hewan. Bisa dimanfaatkan tanpa harus keluar uang," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini