nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Muntah-Muntah, Sidang Vonis Richard Muljadi Kembali Ditunda

Muhamad Rizky, Jurnalis · Kamis 21 Februari 2019 15:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 21 338 2021069 muntah-muntah-sidang-vonis-richard-muljadi-kembali-ditunda-EHBedgusEP.jpg Foto Istimewa

JAKARTA - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kembali menunda sidang vonis dari terdakwa kasus penyalahgunaan narkoba jenis kokain, Richard Muljadi. Penundaan harus dilakukan karena Richard berhalangan hadir lantaran sakit.

Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Krisnugrono menjelaskan, seharusnya hari ini akan dilakukan pembacaan tuntutan terhadap terdakwa Richard, namun karena adanya surat keterangan sakit pembacaan putusan tersebut harus ditunda.

"Berdasarkan surat bernomor KJ.03.01/XXIII.1/887/2019 yang dikeluarkan oleh direktorat jenderal pelayanan kesehatan RSKO Jakarta, yang ditandatangani oleh bapak Azhar Jaya menerangkan bahwa sesuai hasil pemeriksaan dokter terdakwa Richard Muljadi pada hari ini tidak bisa hadir persidangan karena kondisinya sakit," kata Krisnugroho dalam persidangan, Kamis (21/2/2019).

(Baca juga: Vonis Richard Muljadi Ditunda karena Ketua Hakim Sakit)

Majelis hakim kemudian menanyakan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) kapan sedianya bisa menghadirkan terdakwa. Pihak JPU kemudian menjawab untuk ditunda hingga pekan depan.

"Baik. Sidang ditunda hari Kamis depan tanggal 28 Februari 2019 acara pembacaan putusan dari majelis. Perintah menghadirkan terdakwa dalam persidangan," tuturnya.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Yerich mengakui bahwa baru menerima surat dokter tersebut mendadak tadi pagi. Dalam isi surat tersebut dikatakan terdakwa mengalami mual-mual dan muntah.

"Saya baru terima suratnya juga tadi pagi. Katanya terdakwa mual-mual dan muntah. Jadi tidak bisa hadir di persidangan," ungkapnya.

Sementara itu, kuasa hukum Richard Muljadi, Baso Fachruddin mengklaim bahwa, pihaknya juga baru mengetahui bahwa kliennya tengah sakit saat dibacakan surat dokter tersebut.

"Kita baru tahu dengar tadi bahwa ternyata Richard tidak bisa hadir karena kondisi kesehatannya yang lagi sakit. Saya belum tahu saya baru baca sekilas aja dari surat yang disampaikan oleh pihak kejaksaan ada keterangan dari pihak RSKO bahwa Richard sakit sehingga sidang hari ini ditunda," tukasnya.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan telah menunda sidang putusan dari terdakwa kasus penyalahgunaan narkoba, Richard Muljadi. Penundaan vonis itu lantaran Ketua Majelis Hakim berhalangan hadir lantaran sakit.

"Ketua Majelis Hakim sedang sakit. Dan jika Ketua Majelis Hakim berhalangan, maka penggantinya harus ada penetapan dulu dari Pengadilan Tinggi," kata Hakim Anggota Mery Taat Anggarasih.

Mery menjelaskan, jika seorang anggota hakim atau yang lain ingin atau dapat menggantikan Ketua Majelis Hakim. Maka harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari tingkatan yang lebih tinggi yakni Pengadilan Tinggi.

"Kalau anggota memungkinan untuk menggantikan, tetap harus ada penetapan Pengadilan Tinggi, begitu ya pak Jaksa," tuturnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini