Bawa Obat Batuk Sirup ke China Bisa Berujung Ditangkap, Ini Sebabnya

Rachmat Fahzry, Okezone · Jum'at 22 Februari 2019 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 22 18 2021508 bawa-obat-batuk-sirup-ke-china-bisa-berujung-ditangkap-ini-sebabnya-Ku2Br6L3N9.jpg Ilustrasi Foto/Okezone

Membawa obat batuk sirup saat bepergian ke China tidak dianjurkan, karena negara itu sangat ketat mengontrol obat batuk terutama yang mendandung kodein.

Mengutip Sinchew, Jumat (22/2/2019) aturan tidak boleh membawa obat batuk ke negara Tirai Bambu untuk menekan masuknya narkoba ke negara itu.

Pasalnya seorang wisatawan bernama Zheng dilaporkan ditangkap petugas bea cukai setempat karena menyelundupkan obat batuk ke China melalui wilayah Shenzhen.

Tidak disebutkan berapa banyak ia membawa obat batuk tersebut, namun sumber menyebutkan ia hanya membawa satu botol obat batuk sirup yang mengandung kodein.

Foto/msn

Kodein merupakan zat yang bisa diekstraksi kemudian dibuat menjadi metamfetamin, bahan dasar sabu-sabu.

Berbeda dengan China daratan, Hong Kong masih menjual sirup obat batuk yang mengandung kodein dan Ephedrine Hydrochloride. Kebebasan ini kemudian dimanfaatkan sejumlah orang untuk menyelundupkannya ke China.

Namun jika terpaksa membawa obat batuk sendiri, para pelancong harus memperlihatkan resep dokter yang membuktikan bahwa obat dikonsumsi untuk sendiri.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini