nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bercanda soal Bom, Penumpang Wings Air Diamankan Petugas Bandara

Wijayakusuma, Jurnalis · Minggu 24 Februari 2019 23:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 24 338 2022253 bercanda-soal-bom-penumpang-wings-air-diamankan-petugas-bandara-HSgHhgRgyc.jpeg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

BEKASI - Seorang penumpang maskapai pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW-1334 rute Morowali-Palu, terpaksa ditahan petugas keamanan (avsec) Bandara Maleo, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (MOH). Pemicunya, ia dengan sengaja melontarkan candaan soal bom.

Akibat kejadian ini, pesawat yang berangkat dari Bandara Maleo mengalami penundaan jam terbang alias delay. Penumpang pria berinisial FB (48) itu terpaksa ditahan petugas usai melontarkan guyonan soal bom itu kepada petugas konter check-in. Saat lapor diri, ia dengan entengnya mengaku bahwa membawa bom yang dimasukkan ke dalam tasnya. Pihak bandara setempat langsung bereaksi dengan membongkar seluru isi tas lalu menahan pria itu.

Corporate Communications Strategic maskapai Wings Air, Danang Mandala Prihantoro menyebut, berdasarkan dari hasil pemeriksaan pihak keamanan bandara, tidak ditemukan adanya bom maupun benda mencurigakan lainnya dari barang bawaan FB.

"Petugas keamanan beserta pihak terkait berkoordinasi dengan menjalankan prosedur tindakan berdasarkan standard penanganan ancaman bom. Hasil pemeriksaan tidak ditemukan barang bukti berupa bom dan benda lain mencurigakan di dalam bagasi atau barang bawaan yang bersangkutan, yang dapat berpotensi membahayakan penerbangan," kata Danang dalam siaran persnya kepada Okezone, Minggu (24/2/2019) malam.

Menurutnya, pemeriksaan yang dilakukan pihak keamanan bandara telah sesuai dengan Standard Operasional Prosedur (SOP). Hal itu untuk memastikan kenyamanan bagi para penumpang Wings Air.

"Dengan kerjasama yang baik antara petugas layanan di darat serta petugas keamanan, maka proses pemeriksaan dapat diselesaikan secara teliti, tepat dan benar," ujarnya.

Ilustrasi Bom

Usai dilakukan pemeriksaan, FB kemudian diserahkan petugas Avsec Bandara Maleo ke pihak kepolisian untuk diproses lebih lanjut. Setelah memastikan bahwa situasi aman dan tak ditemukan bom atau bahan peledak, pesawat yang mengangkut 48 penumpang dan 4 kru kabin itu akhirnya diterbangkan.

"Pesawat penerbangan IW-1334 lepas landas dari Morowali pukul 11.55 Wita dan mendarat di Palu pada 12.55 Wita," ucap Danang.

Atas kejadian ini, pihak Wings Air mengimbau kepada masyarakat agar tidak melontarkan candaan atau menyampaikan informasi palsu/kebohongan terkait bom, karena hal itu masuk kategori perbuatan melawan hukum.

"Ini mengacu pada Pasal 437 Undang-undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan (UU Penerbangan), semua yang terkait informasi bom baik sungguhan atau bohong, merupakan tindakan melanggar hukum, akan diproses dan ada sanksi tegas oleh pihak berwajib," tuturnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini