Komplotan Pencuri Truk Beraksi, Korban Dibius Pakai Nasi Padang hingga Terlelap

Syaiful Islam, Okezone · Selasa 26 Februari 2019 01:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 26 519 2022762 komplotan-pencuri-truk-beraksi-korban-dibius-pakai-nasi-padang-hingga-terlelap-fuXx0zFBet.JPG Komplotan bandit pencuri truk bermodus pembiusan dibekuk polisi (Foto: Syaiful Islam/Okezone)

SURABAYA - Beragam cara dilakukan komplotan pencuri truk untuk bisa memuluskan aksi. Salah satunya dengan memberikan makanan nasi padang pada sopir truk, Supartono, yang sebelumnya sudah dicampur dengan lima tablet obat anti depresan dosis tinggi alias obat tidur.

Akibatnya, sopir terlelap tidur usai menyantap nasi padang berselang satu jam. Kemudian korban dibuang ke daerah hutan Saradan, Madiun. Lalu komplotan pelaku membawa kabur truk yang sebelumnya disopiri Supartono ke Jawa Tengah.

"Setelah sadar, sopir truk dengan nopol S 8255 UP melapor ke kantor polisi terdekat. Selanjutnya polisi langsung melakukan pencarian, dan berhasil menangkap dua pelaku tadi malam," kata Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim, AKBP Leonard M Sinambela kepada wartawan Senin (25/2/2019).

Kedua pelaku yang merupakan residivis tersebut masing-masing bernama Taufik Hidayat (60) warga asal Kelurahan Lemah Putro, Sidoarjo dan Sarip (57) warga asal Kota Mojokerto. Polisi terpaksa menembak betis dari dua tersangka karena berusaha kabur saat ditangkap.

Kedua tersangka ini memiliki peran berpura-pura menyewa truk milik Siswanto untuk dibawa ke Pare, Kediri. Kemudian Siswanto menyuruh Supartono untuk menyopir. Namun di tengah perjalanan, sang sopir diberi makan nasi padang yang sudah dicampur dengan obat tidur.

"Sopir pun tertidur dan dibuang di pinggir jalan. Komplotan ini beranggotakan lima orang, sedangkan tiga anggota lainnya sudah ditangkap polres Kediri karena TKP-nya di Kediri. Kedua tersangka baru keluar dari penjara dengan kasus pencurian," ujar Leo.

Mantan Kasatreskrim Polrestabes Surabaya ini menambahkan, kedua tersangka akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian. Adapun ancaman hukumannya diatas lima tahun penjara.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini