nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tertangkap Tangan Buang Sampah di Wilayah Ini, Siap-Siap Viral di Medsos

Harian Jogja, Jurnalis · Jum'at 01 Maret 2019 12:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 01 510 2024390 tertangkap-tangan-buang-sampah-di-wilayah-ini-siap-siap-viral-di-medsos-F6CS4UQ2Xl.jpg Ilustrasi Media Sosial (foto: Shutterstock)

BANTUL – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul akan menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) bagi pembuang sampah sembarangan di Kabupaten Bantul. Hal tersebut untuk mewujudkan gerakan 2019 Bantul bersih sampah.

“Jadi sampah itu kan masalah bagi seluruh dunia dan tidak cuma di Bantul. Kita sendiri (Indonesia) jadi penghasil sampah plastik terbanyak nomer dua di dunia. Itu aja baru sampah plastik, belum yang lain. Itu yang jadi dasar kenapa kami ingin adakan progam OTT tersebut,” ucap Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Pengembangan Kapasitas DLH Kabupaten Bantul, Karyana saat ditemui Harian Jogja, Kamis 28 Februari 2019.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Pengembangan Kapasitas DLH Kabupaten Bantul, Karyana (foto: Harian Jogja/Kiki Luqmanul Hakim)

(Baca Juga: Buang Sampah Sembarangan, Ali Divonis Denda Rp20 Juta) 

Progam OTT ini akan dilaksanakan pada Rabu minggu depan dengan dibantu oleh TNI, polisi, serta Satpol PP. “OTT-nya bakal dilaksanakan pada hari Rabu minggu depan. Ini kan progam baru dan akan jadi progam rutin bagi DLH guna mengurangi pembuangan sampah tidak pada tempatnya,” kata Karyana.

Jika dalam OTT tersebut pihak DLH mendapati warga yang membuang sampah sembarangan, warga tersebut mendapat hukuman diviralkan di media sosial DLH agar warga tersebut merasa malu serta tidak akan mengulangi perbuatan tercelanya tersebut.

“Untuk hukumannya sendiri akan kita viralkan di media sosial kami lengkap dengan semua identitasnya agar psikologinya terserang dan merasa malu hingga orangnya itu tidak mau membuang sampah sembarangan lagi. Akan kita foto juga orangnya biar lebih merasa bersalah,” kata dia menutup pembicaraan.

(Baca Juga: TPA Cipeucang Tangerang Selatan Dinilai Bahayakan Manusia dan Lingkungan)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini