nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mullah Omar, Pemimpin Taliban yang Bersembunyi Dekat Pangkalan Amerika Serikat

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 11 Maret 2019 15:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 11 18 2028441 mullah-omar-pemimpin-taliban-yang-bersembunyi-dekat-pangkalan-amerika-serikat-wocloHPRDC.jpg Mullah Omar

Pemimpin Taliban Mullah Mohammed Omar selama menjadi buronan memilih bertahan hidup dengan cara berjalan kaki dari pangkalan-pangkalan Amerika Serikat (AS) di Afghanistan.

Kisah ini terungkap dalam buku “The Secret Life of Mullah Omar” atau “Kehidupan Rahasia Mullah Omar yang ditulis oleh wartawan Bette Dam.

Dalam buku itu juga terekspos bahwa Omar tidak tidak pernah bersembunyi di Pakistan seperti yang diyakini oleh AS. Ia bersembunyi hanya 4 kilometer dari Pangkalan AS di Zabul, Afghanistan.

Menyitir BBC, Senin (11/3/2019) Bette Dam menghabiskan waktu lima tahun untuk meneliti dan mewawancarai anggota Taliban untuk menyelesaikan bukunya.

Dia berbicara dengan Jabbar Omari, pengawal Omar ketika dia bersembunyi setelah rezim Taliban berakhir pada 2001.

BacaPerdamaian Afghanistan Antara AS dan Taliban Mulai Dibahas di UEA

BacaTerowongan Tambang Ilegal di Afghanistan Runtuh, Tewaskan 30 Penambang

Omari berhasil menyembunyikan Omar hingga meninggal karena sakit pada 2013.

Amerika menawari USS10 juta dolar atau sekira Rp145 juta bagi yang berhasil membunuh Omar yang diyakini sebagai salah satu perancang serangan 11 September 2011 yang meruntuhkan gedung WTC di New York.

Pasukan AS pernah menggeledah salah satu persembunyian Omar, namun gagal.

Omar kemudian pindah ke gedung lainnya yang hanya berjarak 4 km dari pangkalan AS lainnya, rumah bagi sekitar 1.000 tentara AS.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini