nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penumpang KRL Menumpuk di Stasiun Manggarai

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 11 Maret 2019 10:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 11 338 2028312 penumpang-krl-menumpuk-di-stasiun-manggarai-7xdDVzlQSR.JPG Penumpang KRL Menumpuk di Stasiun Manggarai (Foto: Fahreza Rizky/Okezone)

JAKARTA - Kepadatan pengguna jasa kereta rel listrik (KRL) commuter line masih tampak terjadi di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Ini karena imbas dari anjloknya tiga gerbong KRL di Kebon Pedes, Bogor, kemarin.

Berdasarkan pantauan Okezone di Stasiun Manggarai, sejumlah peron di stasiun tersebut tampak dipadati penumpang atau pengguna jasa KRL. Kendati demikian, kepadatan ini terbilang tidak terlalu parah dari hari-hari biasanya.

Ramdhani (28), seorang pegawai swasta mengatakan, dirinya ingin berangkat ke kantornya di kawasan dekat Kota Tua. Namun ia mengeluhkan lambatnya kedatangan KRL dari arah Bogor menuju Jakarta Kota akibat peristiwa kemarin.

"Iya, agak lama datang keretanya, biasanya kan enggak selama ini. Mungkin imbas dari peristiwa kemarin ya. Lumayan padat di Manggarai dari biasanya, tapi enggak terlalu lah," kata Ramdhani saat ditemui Okezone di Stasiun Manggarai, Senin (11/3/2019).

Penumpukan Penumpang di Manggarai

(Baca juga: Evakuasi KRL Anjlok Selesai, KRL Beroperasi hingga Stasiun Bogor Gunakan Satu Jalur Bergantian)

Evakuasi anjloknya KRL di Kebon Pedes, Bogor telah rampung dilakukan. Namun hanya sebagian KRL yang pemberangkatannya dapat dilakukan dari Stasiun Bogor.

Sementara, sebagian perjalanan KRL lainnya yang biasanya dijadwalkan pemberangkatan dari Stasiun Bogor, akan dialihkan melalui rekayasa pola operasi dengan pemberangkatan dari Stasiun Cilebut, Bojong Gede, Citayam dan Depok.

Rekayasa pola operasi tersebut dilakukan guna memaksimalkan layanan KRL pada Senin pagi, karena perbaikan satu jalur di area yang sebelumnya menjadi lokasi anjlok KA 1722 antara Stasiun Cilebut - Stasiun Bogor masih proses perbaikan.

(Baca juga: KRL Bogor-Jakarta Sudah Beroperasi, Menhub Apresiasi Lancarnya Evakuasi)

Penumpukan Penumpang di Manggarai

Satu di antara petugas yang enggan disebutkan namanya di Stasiun Manggarai, mengatakan, kepadatan penumpang di stasiun tersebut wajar terjadi karena kendala KRL dari arah Bogor. Meski demikian kepadatan ini masih terbilang wajar karena manajemen bisa mengendalikan situasi pasca-insiden kemarin.

"Memang ini lumayan padat, tapi enggak parah-parah amat soalnya kan sudah bisa dikendalikan pasca-diperbaiki kemarin," imbuh petugas tersebut.

Sebelumnya, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengatakan dengan perubahan pola operasi ini, tentunya akan terjadi kepadatan dan antrean KRL pada lintas Bogor. Terkait hal tersebut pihaknya mengimbau para penumpang agar menyesuaikan waktu dan stasiun pemberangkatan tujuan.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini