nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Donald Trump Larang Semua Boeing 737 MAX 8 untuk Terbang

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 14:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 14 18 2029910 donald-trump-larang-semua-boeing-737-max-8-untuk-terbang-FitLZTD2tF.jpg Pesawat Boeing 737 Max 8. Foto/Reuters

WASHINGTON — Presiden Amerika Serikat Donald Trump menginstruksikan pelarangan untuk semua pesawat boeing tipe 737 MAX 8, menindaklanjuti jatuhnya pesawat tersebut di Ethiopia dan Indonesia dalam rentang waktu enam bulan. 

Kebijakan Trump mengkituki kebijakan lebih dari 30 negara lain di dunia, termasuk Indonesia.

“Saya tidak ingin mengambil risiko,” ujar Trump mengutip VOA, Kamis (14/3/2019), menambahkan, bahwa pesawat jenis terbaru 737 MAX untuk sementara waktu harus dilarang terbang.

“Kami merasa ini hal yang tepat untuk dilakukan,” lanjut Trump.

Foto/Reuters

Langkah itu, kata dia, suatu keputusan yang sangat sulit dari sudut pandang Boeing. Ia tidak lagi dapat menunda keputusan tersebut.

“Saya merasa hal ini penting, baik secara psikologis maupun dalam banyak hal lainnya.”

BacaImbas Pesawat Ethiopian Airlines Jatuh, Boeing Diminta Ubah Desain 737 Max 8

BacaRekaman Penerbangan Pesawat Ethiopian Airlines Ditemukan di Lokasi Kecelakaan

Trump memperkirakan Boeing akan menyelesaikan masalah itu, “semoga saja mereka akan bergerak cepat memberikan jawaban. Tetapi hingga mereka melakukan hal itu, pesawat-pesawat itu harus dilarang terbang,” tutur Trump

Boeing Ikuti Perintah Presiden Trump

Tak lama setelah pengumuman Presiden Trump itu, Boeing mengeluarkan pernyataan.

“Guna meyakinkan publik tentang keselamatan penerbangan, maka Boeing merekomendasikan penangguhan untuk sementara waktu operasi seluruh armada pesawat itu, yang mencapai hampir 400 pesawat,” kata Boeing dalam sebuah pernyataan.

Foto/Reuters

Sebagian maskapai penerbangan Amerika yang menggunakan Boeing jenis MAX 8 adalah Southwest Airlines yang memiliki 34 pesawat dan American Airlines dengan 24 pesawat.

Sementara yang menggunakan Boeing jenis Max 9 yang sedikit lebih lebar adalah United Airlines, yang memiliki 14 pesawat. American Airlines dan United Airlines menerbangkan hampir 300 penerbangan setiap hari.

“Kami mendukung langkah pro-aktif ini dengan sangat hati-hati,” ujar CEO Boeing Dennis Muilenburg.

“Kami melakukan segala yang dapat kami lakukan untuk memahami penyebab kecelakaan ini, dengan bermitra pada tim penyelidik, meningkatkan keselamatan dan membantu mastikan agar hal ini tidak terjadi lagi.”

(fzy)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini