nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PGI hingga Umat Katolik Indonesia Kecam Penembakan di Masjid Selandia Baru

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Sabtu 16 Maret 2019 06:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 16 18 2030753 pgi-hingga-umat-katolik-indonesia-kecam-penembakan-di-masjid-selandia-baru-s7e2nTCPFj.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Kasus penembakan yang terjadi di Masjid Al Noor di Christchurch, Selandia Baru, membuat Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada seluruh korban.

PGI mengecam segala bentuk tindak kekerasan karena tidak dibenarkan dalam sebuah agama, suku, atau asal-usul apapun. PGI pun berharap pemerintah Selandia Baru bisa segera memulihkan keadaan dan mengusut tuntas kasus ini.

"PGI mengecam dengan keras peristiwa penembakan yang terjadi di masjid di Christchurch dan masjid di pinggiran Lindwood, Selandia Baru," bunyi keterangan yang diterima oleh Okezone.

Foto: Ist

"PGI mengecam keras segala tindak kekerasan, apalagi penghilangan nyawa, yang sangat berharga di mata Tuhan. Olehnya, PGI menolak segala bentuk peradaban yang mengedepankan kebencian atas dasar apapun, baik agama, suku, asal-usul dan sebagainya," ucapnya.

(Baca juga: Teror Penembakan di Selandia Baru: Pelaku Terobsesi Supremasi Kulit Putih Atas Muslim)

Serta, PGI mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap tenang dalam menyikapi peristiwa ini, serta tidak menyebaarkan video atau foto dari kejadian ini.

"PGI berharap agar masyarakat Indonesia, di mana pun berada, tetap tenang menyikapi peristiwa tersebut, dan tidak terpancing dengan video dan foto yang menciptakan teror. Sekaligus mengimbau untuk tidak menyebarkannya dengan sengaja, karena hal ini yang diinginkan oleh teroris tersebut dengan mendokumentasikannya agar masyarakat luas menontonnya dan menjadi khawatir," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Konferensi Waligereja (KWI) dan umat Katolik Indonesia. Mereka berharap kalau dari kejadian ini tidak merusak hubungan antar agama dan suku, terutama di Indonesia.

"Tindakan penyerangan yang menewaskan 40 orang tersebut sungguh-sungguh tindakan tak beradab dan sangat bertentangan dengan nilai-nilai agama apapun dan nilai-nilai kemanusiaan universal," bunyi keterangan yang diterima Okezone.

"Akhirnya, KWI dan umat Katolik Indonesia menghimbau dan berharap agar peristiwa di Selandia Baru itu tidak merusak hubungan antara umat beragama dan antar etnis yang berbeda, terutama di Indonesia yang selama ini sudah berjalan baik," tulis keterangan tersebut.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini