nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rescue Perindo Gunungkidul Ajarkan Pembuatan Pupuk Organik ke Petani

Bramantyo, Jurnalis · Jum'at 29 Maret 2019 19:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 29 510 2036808 rescue-perindo-gunungkidul-ajarkan-pembuatan-pupuk-organik-ke-petani-ZFEIYZB5OT.jpg

GUNUNGKIDUL - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Rescue Perindo Gunungkidul kembali mengedukasi warga masyarakat di Dusun Sawit Lor, Desa Gombang Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, cara membuat pupuk organik jenis tabur serta cara pembuatan kripik pisang.

Kegiatan mengedukasi langsung masyarakat Gunungkidul ini selain diikuti tim Rescue Perindo Gunungkidul, juga diikuti sejumlah calon legislatif (Caleg) partai besutan Hary Tanoesoedibjo, mulai dari tingkat DPR RI, DPRD DIY dan DPRD Kabupaten Gunungkidul.

Diantaranya, Ika Krisnawati, Djati Hartana yang merupakan Caleg DPR RI dan Agung Nugroho yang merupakan Caleg DPRD DIY. Termasuk Susilo Sangat yang merupakan Caleg DPRD Gunungkidul.

Kehadiran Partai Perindo berserta para Caleg yang ini untuk mengajarkan langsung pada masyarakat cara membuat pupuk jenis tabur serta kripik pisang ini disambut antusias.

Secara cermat, masyarakat melihat langsung proses pembuatan pupuk organik. Tak hanya melihat, merekapun mempraktekan langsung cara membuat pupuk setahap demi setahap seperti yang diajarkan pada mereka.

Ketua DPD Rescue Perindo Gunungkidul Susilo Sugiyarto mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan bisa membantu masyarakat dalam hal pupuk. Pasalnya, selama ini, masyarakat banyak yang menggantungkan penggunaan pupuk kimia.

Disampaikan juga, dengan pupuk organik diharapkan bisa meningkatkan hasil pertanian agar lahan pertanian tetap subur dan mengembalikan unsur hara dengan pupuk organik.

"Penggunaan pupuk organik bisa mengembalikan kesuburan tanah sehingga kalau tanahnya subur hasil panen pastinya bagus," papar Susilo, Jumat (28/3/2019).

Sesuai dengan program partai Perindo yang ingin mensejahterakan masyarakat, ungkap Susilo, pihaknya turun langsung ke para petani dan membarikan pelatihan pembuatan pupuk organik.

"Jika lahannya kembali subur, hasil panen meningkat petani tambah sejahtera," lanjutnya.

Selama ini petani merasa keberadaan pupuk kimia di pasaran kian mahal, padahal para petani sangat membutuhkan pupuk untuk lahannya.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya melihat peluang disekitar lingkungan mereka banyak kotoran ternak yang belum dimanfaatkan secara optimal.

"Karena itu Perindo memberikan pelatihan pembuatan pupuk organik tabur bagi kelompok petani," ujarnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini