nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sapi-Sapi di Belanda Diajarkan Kencing di Toilet demi Cegah Kerusakan Lingkungan

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 01 April 2019 17:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 01 18 2037856 sapi-sapi-di-belanda-diajarkan-kencing-di-toilet-demi-cegah-kerusakan-lingkungan-qJZS277Fz4.jpg Ilustrasi Foto/Reuters

DOETINCHEM – Sejumlah sapi di Belanda diajarkan kencing di toilet untuk mengatasai emsisi dari urin sapi yang dianggap bisa merusak lingkungan.

Ilmuan bernama Henk Hanskamp mengembangkan "toilet sapi" yang diklaimnya bisa menghentikan polusi dari urin sapi dan menghindari kerusakan lingkungan.

Alat tersebut bisa memangkas setengah amonia yang dihasilkan oleh sapi saat buang air kecil di padang rumput.

"Anda dapat mengajari sapi mereka pergi ke toilet," kata Hanskamp kepada AFP.

Toilet Sapi berupa sebuah kotak sederhana yang ditempatkan di belakang sapi. Setelah hewan ternak itu selesai makan, lengan robot akan menstimulasi saraf di dekat puting sapi yang memicunya untuk buang air kecil.

Percobaan dilakukan di sebuah peternakan di kota Doetinchem Belanda, di mana tujuh dari 58 sapi telah belajar untuk buang air kecil, tanpa perlu stimulasi.

BacaKambing Bernama Lincoln Terpilih Jadi Wali Kota di Amerika

BacaPerilaku Tak Biasa, Kawanan Ayam Keroyok Seekor Rubah hingga Tewas

Sejauh ini Hanskamp telah mengumpulkan ribuan liter urin sapi dengan cara ini.

Urin dapat menghasilkan nitro oksida gas rumah kaca dalam jumlah besar setelah saat jatuh ke tanah, meresap ke tanah dan bercampur dengan pupuk kandang.

Amonia dalam urin juga berkontribusi langsung terhadap polusi dan mendorong terciptanya ganggang yang berbahaya ketika memasuki sistem air.

Pemerintah Belanda memperkenalkan peraturan yang lebih ketat tentang emisi amonia dari sektor susu, yang merupakan komponen penting dalam perekonomian negara.

Hanskamp berniat untuk terus mengembangkan toilet sapi dan siap dipasarkan pada tahun 2020.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini