nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Eks Kalapas Sukamiskin Divonis 8 Tahun Penjara

CDB Yudistira, Jurnalis · Senin 08 April 2019 17:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 08 525 2040658 eks-kalapas-sukamiskin-divonis-8-tahun-penjara-Vjo2EBQKjg.jpg Eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husen Divonis 8 Tahun Penjara Terkait Jual-Beli Fasilitas di Lapas Sukamiskin (foto: CDB Yudistira/Okezone)

BANDUNG - Eks Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Sukamiskin Wahid Husen divonis majelis hakim 8 tahun bui. Wahid terbukti melakukan korupsi dengan menerima suap dari narapidana Fahmi Darmawansyah.

"Menjatuhkan hukuman pidana kepada terdakwa 8 tahun penjara dengan denda Rp400 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayarkan diganti kurungan 4 bulan," ucap Ketua majelis hakim Sudira saat membacakan amar putusan dalam sidang vonis yang berlangsung di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Senin (8/4/2019).

Diduga Menerima Uang dan 2 Mobil, Kalapas Sukamiskin Ditahan KPK

Baca Juga: Suami Artis Inneke Koesherawati Divonis 3,5 Tahun Penjara 

Perbuatan Wahid dianggap melanggar sesuai dengan dakwaan pertama Pasal 12 Huruf b Undang-undang nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tipikor sebagaimana diubah dengan Undang-undang nomor 20 tahun 2011 tentang tipikor juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP juncto Pasal 65 ayat (1) KUHP.

Putusan terhadap Wahid ini lebih ringan dari tuntutan jaksa KPK yang menuntut Wahid selama 9 tahun penjara. Atas putusan ini, hakim memerintahkan Wahid untuk ditahan.

Dalam uraiannya hakim menyebut bahwa Wahid mendapatkan sejumlah uang dan barang dari suami Inneke Koesherawati, Fahmi Darmawansyah di antaranya mobil double cabin merek Mitsubishi Triton, tas merek Louis Vuitton, sandal, sepatu boots dan uang senilai Rp39,5 juta.

Atas itu, Wahid memberikan sejumlah fasilitas seperti kamar mewah yang berusikan televisi kabel, AC, kulkas dan kasur springbed. Fahmi juga dibebaskan menggunakan ponsel.

"Terdakwa juga membiarkan Fahmi membangun ruangan 2x3 meter untuk keperluan hubungan badan atau dikenal bilik asmaran yang digunakan Fahmi atau warga binaan lain," sebut Hakim.

Baca Juga: Mantan Kalapas Sukamiskin dan Anak Buahnya Didakwa Terima Suap dari 3 Napi Korupsi 

Wahid tak berbicara banyak usai sidang. Dirinya langsung di sambut oleh pihak keluarga usai mendengarkan putusan hakim.

"No comment," ucap Wahid sambil berjalan meninggalkan ruang sidang.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini