KPU: Surat Suara Rusak Akan Langsung Dihancurkan

krjogja.com, Jurnalis · Senin 15 April 2019 10:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 15 606 2043594 kpu-surat-suara-rusak-akan-langsung-dihancurkan-MEfzSjgdcP.jpg

SLEMAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan persiapan logistik untuk pemilu 2019 sudah siap didistribusikan 95 persen. Rencananya H-1 jelang pemilu seluruh logistik ditargetkan sudah diterima masing-masing KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara).

Komisioner KPU DIY, Siti Ghoniyatun menuturkan, persiapan logistik hampir siap 100 persen jelang pemilu. "Kesiapan logistik sudah 95 persen, kabupaten sebagian sudah melaunching distribusi logistik, seperti Gunungkidul, Bantul, Sleman. Untuk Kulon Progo dan Kota Yogya Senin ini," tutur Siti.

Ia menegaskan, seluruh logistik akan sampai ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) setiap Kabupaten pada H-1 pemilu. Distribusi logistik dilakukan secara bertahap namun akan ada prioritas bagi wilayah yang jaraknya paling jauh dari lokasi gudang KPU.

"Distribusi tak bisa sekaligus harus bertahap. Kami akan prioritaskan daerah yang jauh, misal Kulon Progo, di Samigaluh dulu, H-1 baru di Wates, Panjatan. Di Gunungkidul sudah mulai beberapa hari lalu, kalau tidak salah tinggal dua kecamatan," katanya.

Untuk menjaga kemanan, menggandeng TNI/ Polri dalam pengamanan di KPPS dan TPS, selain, pihaknya juga dibantu para petugas Linmas dimasing-masing tempat.

Rencananya, untuk surat suara yang telah rusak pada saat disortir, akan dilakukan pemusnahan oleh pihak KPU dengan cara dipotong atau dihancurkan. "Kekurangan logistik bisa dipenuhi. Termasuk logistik bagi pemilih penyandang disabilitas sudah siap. Sedangkan untuk surat suara rusak, KPU berencana melakukan pemusnahan pada hari Senin (hari ini)," terangnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini