Aksi Berani Anggota Bawaslu Copot APK di Puncak Tower Hanya Gunakan Tali

Bramantyo, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 02:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 16 606 2043961 aksi-berani-anggota-bawaslu-copot-apk-di-puncak-tower-hanya-gunakan-tali-ivbYnGmHu8.jpg Ilustrasi Pencopotan APK (foto: Okezone)

KARANGANYAR - Pencopotan Alat Peraga Kampanye (APK), baik milik Partai Politik, Calon Legislatif maupun milik Paslon Presiden dan Wakil Presiden terus dilakukan pihak Bawaslu Karanganyar, Jawa Tengah.

Tak hanya ditaruh di tempat yang mudah dijangkau, di lokasi sulit dijangkau pun dilakukan oleh otoritas pengawas pemilu ini.

Bawaslu Karanganyar Copot APK di Atas Tower (foto: Ist)

Baca Juga: Peserta Pemilu Juga Bertanggung Jawab Copot Alat Peraga Kampanye 

Salah satunya APK yang terpasang di puncak tower tak luput dibersihkan. Seperti terlihat dalam rekaman video yang dibagikan Bawaslu di grup WhatsApp Bawaslu Karanganyar.

Dalam rekaman video yang dilihat Okezone, ada seseorang naik ke puncak tower untuk membersihkan APK milik salah satu Parpol.

Tanpa rasa takut, dan hanya menggunakan tali yang diikatkan di tubuhnya, seseorang yang diketahui bernama Narto anggota Panwascam Matesih, Karanganyar itu terus naik ke puncak tower yang diketahui terletak di depan Kantor Kecamatan Matesih. Di puncak tower, seorang diri, Narto mencopot APK tersebut.

Tak hanya di puncak tower, anggota Bawaslu lainnya yang namannya tidak diketahui juga mencopot APK di atas pohon. Padahal, pohon yang dipasangi APK itu sendiri dekat dengan kabel listrik.

Komisioner Bawaslu Karanganyar Ikhsan mengatakan sebenarnya pencopotan APK diatas tower itu bukan tanggungjawab dari Bawaslu. Melainkan tanggungjawab dari pemilik APK itu sendiri.

"Tapi karena Bawaslu menjaga agar tidak terjadi komplain dari parpol dan caleg, maka akhirnya kami pun mencopot APK diatas tower tersebut," ujar Ikhasan kepada wartawan, Senin (15/4/2019).

Diakui oleh Ikhasan, awalnya ada rasa bingung siapa yang berani naik keatas tower untuk mencopot APK tersebut. Sebelum akhirnya, ada salah satu anggota Panwascam Matesih yang berani.

"Sebelum naik saya tanya terlebih dahulu. Bener kamu berani naik keatas. Narto menjawab berani. Kebetulan Narto ini dulu pernah ikut Pramuka. Jadi Narto ini punya kemampuan dan keberanian naik ketinggian," tuturnya.

Sementara itu hingga hari kedua di masa tenang kampanye ini, sejumlah APK masih terpasang di beberapa titik. Masih banyaknya APK yang terpasang, membuat pihak Bawaslu ekstra keras membersihkan APK tersebut.

Bahkan spanduk yang menampilkan Ketua DPRD Karanganyar, Sumanto, memberikan imbauan untuk menggunakan hak pilihnya, tetap dicopot.

Bawaslu Karanganyar Copot APK di Atas Tower (foto: Ist)	 

Ketua Badan pengawas pemilihah umum (Bawaslu) Karanganyar, Nuning Ritwanita Priliastuti mengatakan meski dalam spanduk itu kapasitas Sumanto sebagai Ketua DPRD, namun karena yang bersangkutan maju sebagai calon anggota legislatif Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga: Masuk Masa Tenang, Alat Peraga Kampanye di Jakarta Mulai Dibersihkan Petugas 

Maka untuk menghindari protes, ungkap Nuning, spanduk berisikan ajakan untuk menggunakan hak pilih itupun dicopot.

"Pencopotan spanduk ini kita lakukan agar tidak menimbulkan persoalan dan kecemburuan bagi calon anggota legislatif lainnya. Apalagi yang bersangkutan juga maju sebagai anggota legislatif Provinsi," ucapnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini