815 Napi Siap Mencoblos, Lapas Kedungpane Sediakan 7 TPS

Taufik Budi, Jurnalis · Rabu 17 April 2019 02:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 16 606 2044418 815-napi-siap-mencoblos-lapas-kedungpane-sediakan-7-tps-4pnj5an6Co.jpg Ilustrasi Pemilu (foto: Shutterstock)

SEMARANG - Sebanyak 815 narapidana dan tahanan di Lapas Kedungpane Semarang siap menggunakan hak pilihnya. Untuk melayani hak suara warga binaan itu, pihak lapas menyediakan tujuh tempat pemungutan suara (TPS).

Kepala Lapas Kelas I Kedungpane, Dadi Mulyadi, mengatakan, warga binaan yang siap mencoblos itu telah masuk daftar pemilih tetap (DPT). Meski demikian, jumlah tersebut masih bisa berubah karena masih ada proses verifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Baca Juga: Besok 55 Orang Gangguan Jiwa di Bogor Ikut Nyoblos 

"Dari jumlah itu masih bisa berubah saat hari pemungutan suara, karena masih ada yang proses verifikasi KPU," ujar Dadi, Selasa (16/4/2019).

Menurutnya, mayoritas pemilih di lapas tersebut merupakan narapidana kasus narkoba. Sementara jumlah tahanan dan narapidana yang menghuni Lapas Kedungpane mencapai sekira 1.800 warga.

"Sebenarnya sudah kita data semua warga binaan di sini. Namun, rata-rata yang kasus pidana umum dan narkotika (sebagai pemilih). Dominasinya adalah warga binaan narkotika," ulasnya.

Dia menyebut, partisipasi warga binaan pada Pemilu 2019 meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Untuk menjamin keamanan proses pencoblosan pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat TNI/Polri.

"Saat ini ada tujuh TPS yang kita sediakan pada 17 April. Animo untuk tahun ini sangat tinggi, ketimbang 2018 yang cuma ada lima TPS," ujar dia.

Baca Juga: 9.430 Pemilih Disabilitas Bakal Nyoblos di Jakarta

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini