nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TNI Belum Identifikasi Kelompok Bersenjata yang Letuskan Tembakan di Distrik Alama Mimika

Saldi Hermanto, Jurnalis · Kamis 18 April 2019 19:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 18 340 2045345 tni-belum-identifikasi-kelompok-bersenjata-yang-letuskan-tembakan-di-distrik-alama-mimika-BaYe5fd1Cs.jpg Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf Pio L Nainggolan. (Foto : Saldi Hermanto/Okezone)

TIMIKA – Adanya gangguan berupa tembakan yang diarahkan kepada aparat keamanan dan penyelenggara pemilu di Distrik Alama, Kabupaten Mimika, Papua, belum diidentifikasi oleh pihak TNI soal siapa dan dari mana kelompok itu berasal.

Bahkan, sebelumnya juga TNI di Mimika sempat melihat adanya kelompok bersenjata yang melintas di Distrik Jila, yang mana lokasinya hanya bersebelahan dengan Distrik Alama.

"Untuk sementara kita belum bisa mengidentifikasi ini kelompok dari mana, kemudian asalnya dari mana," kata Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf Pio L Nainggolan di Timika, Kamis (18/4/2019).

Kelompok bersenjata yang mengganggu keamanan, dengan cara melepas tembakan beberapa kali di Distrik Alama pada Kamis pagi hingga siang.

 Komandan Kodim (Dandim) 1710/Mimika, Letkol Inf Pio L. Nainggolan dan Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto (Saldi Hermanto/Okezone)

Menurut Dandim Pio Nainggolan, kelompok ini mengarahkan tembakan mereka kepada aparat keamanan dan penyelenggara pemilu di wilayah itu. Bahkan, saat Hely Bell milik Penerbad yang hendak melakukan penjemputan logistik pemilu di Distrik Alama, pilot sempat mendengar suara tembakan, hingga akhirnya memutuskan tidak mendarat di lapangan terbang Distrik Alama.

Akibat peristiwa itu, Dandim bersama Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto kemudian menggunakan dua Hely Bell milik Penerbad untuk melakukan evakuasi terhadap anggota TNI/Polri yang melakukan pengamanan pemilu beserta penyelenggara pemilu itu sendiri. Juga bersamaan dengan dokumen C1 Plano yang berisi hasil pemungutan suara di wilayah itu.


Baca Juga : Suara Tembakan Ganggu Penjemputan Logistik Pemilu di Mimika Papua

Sementara untuk logistik pemilu lainnya berupa kotak suara dan dokumen lainnya, direncanakan dijemput setelah kondisi di Distrik Alama benar-benar aman dari gangguan kelompok bersenjata.

"Untuk kondisi, tadi sampai dengan kita penjemputan sudah aman. (Kontak tembak) hanya sebentar saja, dan dengan jarak yang cukup jauh. Jadi sebenarnya bukan kontak tembak, lebih mengarah gangguan tembakan saja. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan sekali di Distrik Alama," ujar Dandim.


Baca Juga : Dandim Mimika Akui soal Gangguan Tembakan oleh Kelompok Bersenjata

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini