Fenomena "Surat Suara yang Tertukar" saat Pemilu Melanda Dua Daerah di Bengkulu

Demon Fajri, Jurnalis · Kamis 18 April 2019 14:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 18 606 2045172 fenomena-surat-suara-yang-tertukar-saat-pemilu-melanda-dua-daerah-di-bengkulu-8kz5LAWBeN.jpg

BENGKULU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu mencatat dalam masa pungut hitung surat suara dalam pemilu Rabu 17 April 2019, terdapat dua temuan surat suara yang tertukar di wilayah provinsi berjuluk "Bumi Rafflesia" ini.

Sehingga di tempat pemungutan suara (TPS) tersebut kekurangan surat suara. Kekurangan surat suara itu terjadi di Kabupaten Kaur dan Kabupaten Bengkulu Tengah.

Di Kaur, kata Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Fatimah Siregar, surat suara calon legslatif (Caleg) Kabupaten Kaur mengalami kekurangan sebanyak 30 lembar.

Rinciannya, di TPS 1 desa Aur Gading, kekurangan sebanyak 5 lembar surat suara dan TPS I di desa Datar Lebar Kecamatan Lungkang Kule Kabupaten Kaur mengalami kekurangan sebanyak 25 lembar surat suara.

Kekurangan tersebut, jelas Fatimah, lantaran adanya surat suara Caleg dari Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta yang masuk didua TPS di Kecamatan Lungkang Kule. Sehingga dua TPS tersebut mengalami kekurangan surat suara untuk Caleg Kabupaten Kaur.

Meskipun demikian, terang Fatimah, saat pencoblosan petugas di TPS langsung meminta surat suara ke TPS terdekat di wilayah tersebut. Sehingga kekurangan surat suara di dua TPS tersebut dapat terpenuhi.

Selain di Kaur, lanjut Fatimah, kekurangan surat suara juga terjadi di Kabupaten Bengkulu Tengah. Hal tersebut lantaran surat suara daerah pemilihan (dapil) 3 dan 4 tertukar. Kondisi tersebut terjadi di dua desa dari dua kecamatan di Bengkulu Tengah.

Seperti, di TPS 2 desa Taba Baru Kecamatan Taba Penanjung dan di TPS 2 desa Pematang Tiga Lama Kecamatan Pematang Tiga. Namun, tertukarnya surat suara DPRD kabupaten tersebut juga telah teratasi oleh petugas dengan mengambil surat suara di lokasi TPS terdekat di desa tersebut.

"Kekurangan surat suara sudah teratasi. Petugas mengambil surat suara dari TPS terdekat. baik di Kaur maupun di Kabupaten Bengkulu Tengah," kata Fatimah, saat di konfirmasi Okezone di Bawaslu Provinsi Bengkulu, Kamis (18/4/2019).

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini