nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Amanat Mendagri dalam Apel BNPP

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Senin 22 April 2019 20:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 22 337 2046677 amanat-mendagri-dalam-apel-bnpp-RipMw0rGp9.jpg Mendagri yang juga Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Tjahjo Kumolo, saat apel di Kantor BNPP, Jakarta, Senin (22/4/2019). (Puspen Kemendagri)

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri yang juga Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Tjahjo Kumolo memberikan amanat dalam apel yang digelar di kantor BNPP, Jakarta, Senin (22/4/2019).

Dalam amanatnya, Tjahjo meminta jajarannya mempersiapkan laporan selama masa tugas sampai menunggu pelantikan Presiden terpilih hasil Pemilu Serentak 2019.

"Tanpa terasa pemerintahan Kabinet Kerja tinggal 5 (lima) bulan lagi selesai. Sampai menunggu pelantikan Presiden terpilih hasil Pileg dan Pilpres Serentak, tentunya BNPP mempersiapkan laporan-laporan dengan detail selama 5 (lima) tahun masa tugas yang dikerjakan BNPP, khususnya pembangunan infrastruktur ekonomi, infrastruktur sosial di tempat perbatasan termasuk optimalisasi sisa perbatasan yang secara maksimal harus bisa selesai setidaknya pada Agustus tahun ini," kata Tjahjo, dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone.

Selain itu, Tjahjo meminta adanya perencanaan penguatan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) termasuk mencermati aspek-aspek yang melingkupi perbatasan Indonesia.

Mendagri yang juga Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Tjahjo Kumolo saat apel di kantor BNPP Jakarta, Senin (22/4/2019). (Puspen Kemendagri)

"Untuk lima tahun ke depan juga dipersiapkan baru untuk perencanaan penguatan PLBN kita khususnya hubungan antara BNPP dan daerah, dengan kementerian/lembaga terkait, termasuk juga mencermati aspek-aspek yang melingkupi perbatasan kita seperti ekonomi, sosial, dan pertahanan keamanan," ucap Tjahjo.

Dalam kesempatan yang sama, BNPP diminta menyiapkan evaluasi dan melakukan koordinasi untuk mencapai target yang optimal.


Baca Juga : Kemendagri: Humas Pemda Aktif Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih

"Persiapan evaluasi selama 5 (lima) tahun kerja ini, pembangunan PLBN dengan segala hambatan yang dihadapi kemudian tantangan yang masih perlu dioptimalkan, yang terpenting adalah melakukan koordinasi dengan kementerian/lembaga akan target optimal, kemudian memberikan pemahaman kepada daerah agar persiapan yang disiapkan BNPP itu dapat dikerjakan dengan baik oleh Pemda," tutur Tjahjo.

Baca Juga : Mendagri Minta Pers Konsisten Suguhkan Fakta sebagai Alat Kontrol Pemerintah

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini