nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berikut Titik Banjir di Jakarta Timur Pasca-Diguyur Hujan Sore Tadi

Fahreza Rizky, Jurnalis · Rabu 24 April 2019 19:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 24 338 2047606 berikut-titik-banjir-di-jakarta-timur-pasca-diguyur-hujan-sore-tadi-ekNA9g383B.jpg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Curah hujan yang sangat lebat di wilayah Bogor sebesar 120,5 mm per hari menyebabkan luapan air di Sungai Ciliwung. Alhasil, sejumlah wilayah di Jakarta Timur terendam banjir.

Kepala UPT Pusat Data dan Informasi Badan Penanggupangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, M Ridwan, mengatakan sejumlah wilayah di Jaktim yang terdampak banjir ialah Kelurahan Cawang, Kampung Melayu, Balekambang, Cililitan dan Bidara Cina.

"Pada pukul 15.00 WIB tadi sudah berangsur surut tapi masih ada beberapa titik yang tergenang," ujar Ridwan saat berbincang dengan Okezone di Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Ridwan mengungkapkan, hingga saat ini air bah yang menggenang di wilayah Jaktim setinggi 20 hingga 30 sentimeter. Beberapa daerah yang masih terdampak di antaranya Cawang terdapat empat titik, di Balekambang sudah surut semua, Kampung Melayu ada dua titik dan Bidara Cina satu titik.

"Walaupun kemarin malam di Jakarta tidak hujan tapi kalau di Bogor terjadi hujan sangat lebat mengakibatkan luapan di Sungai Ciliwung," tuturnya.

Ridwan mengklaim kondisi di Ibu Kota masih terkendali. Bahkan ia menyebut fenomena rutin ini sebagai 'air numpang lewat'. Karena itu, Ridwan memastikan tidak ada warga Jakarta Timur yang mengungsi akibat banjir tersebut.

"Sampai saat ini belum ada masyarakat yang mengungsi. Kerusakan belum ada. Saya kira itu hanya air yang numpang lewat," kata dia.

BPBD DKI, lanjut dia, telah memberikan peringatan dini kepada masyarakat yang berada di bantaran kali Ciliwung melalui sms blast dan menginformasikannya kepada lurah, camat, serta medsos, ketika Bendung Katulampa Bogor berstatus siaga II.

"Untuk mengantisipasi banjir yang masuk di permukiman, DSDA menyiapkan 133 pompa mobile dan 465 pompa stasioner yang tersebar di 164 lokasi di seluruh wilayah DKI," ujar Ridwan.

Menurut data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), curah hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Bogor dan sekitarnya dengan akumulasi curah hujan harian sebesar 120,5 mm/hari termasuk kategori sangat lebat.

Hal ini menyebabkan kenaikan status siaga Bendung Katulampa menjadi Siaga II (170 Hujan) pada pukul 21.00 WIB dan Pintu Air Depok menjadi siaga II (290 Mendung) pada pukul 00.00 WIB.

(put)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini