nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bengkulu Diguncang Gempa M 5,3 Jelang Azan Asar

Demon Fajri, Jurnalis · Senin 06 Mei 2019 15:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 06 340 2052155 bengkulu-diguncang-gempa-m-5-3-jelang-azan-asar-w1sUhjqTv6.jpg Gempa mengguncang Bengkulu (Foto: Ist)

BENGKULU - Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang Pulau Enggano Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Senin (6/5/2019). Gempa yang mengguncang pulau terluar Bengkulu itu terjadi sekira pukul 15.20 WIB.

Gempa yang berpusat di Pulau Enggano itu cukup dirasakan masyarakat di provinsi berjuluk ''Bumi Rafflesia'' ini. Seperti, Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Utara. Di mana, gempa itu terjadi ketika menjelang azan Salat Asar.

Gempa di Enggano itu berada di episenter pada koordinat 5.40 Lintang Selatan (LS) dan 102.04 Bujur Timur (BT), di barat daya pulau Enggano Kabupaten Bengkulu Utara, berjarak sekira 26 kilometer (KM), dengan kedalaman 10 kilometer (KM).

(Baca Juga: Bengkulu Dihantui Gempa Dahsyat, Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah dan Masyarakat?)

Gempa di Enggano, sampai PMG Ahli Muda Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah, disebabkan penyusupan Lempeng Indo-Australia di bawah Eurasia yang berada di bawah Pulau Sumatera.

Ilustrasi

Di tinjau dari kedalaman hiposenternya, sampai Sabar, gempa bumi di Enggano merupakan gempa bumi kategori dangkal.

''Gempa tidak berpotensi tsunami,'' kata Sabar.

Terkait guncangan gempa bumi di Enggano, jelas Sabar, hingga saat ini belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Khusus masyarakat di Enggano, diimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

(Baca Juga: Bolaang Mongondow Diguncang Gempa M 5,5, Tak Berpotensi Tsunami)

Selain itu, sambung Sabar, masyarakat di Enggano dan masyarakat Bengkulu khususnya, diimbau tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khususnya, masyarakat di daerah pesisir Barat Sumatera.

''Kami mengimbau agar masyarakat tidak terpancing isu. Kami juga mengimbau masyarakat tetap waspada, sebab gempa tidak tahu kapan akan terjadi begitu juga dengan besaran gempa,'' kata Sabar.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini