Janjikan Pemberian Barang saat Kampanye, Caleg PKB Dipenjara 3 Bulan

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2019 11:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 08 606 2052967 janjikan-pemberian-barang-saat-kampanye-caleg-pkb-dipenjara-3-bulan-04xi9qh22X.jpg

PEKANBARU - Seorang Caleg Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hafizan Abbas dijatuhkan vonis bersalah karena menjanjikan sejumlah barang kepada warga jika memilihnya. Caleg untuk DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau Dapil 1 ini dihukum tiga bulan penjara.

Menanggapi putusan hakim Pengadilan Negeri Bengkalis, Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan menyampaikan apresiasi kepada Sentra Gakkumdu Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Saya mengapresiasi kinerja Sentra Gakkumdu. Mereka sangat produktif dalam penegakan hukum Pemilu di Riau. Saat ini Sentra Gakkumdu Kepulauan Meranti merupakan Sentra Gakkumdu paling banyak mengajukan pidana pemilu yang sampai ke Pengadilan. Kita tidak pandang bulu, siapapun yang melanggar akan kita tindak," ujar Rusidi Rabu (8/5/2019).

Dia menjelaskan dalam sidang pada Selasa 7 Mei 2019 di Pengadilan Negeri Bengkalis, terdakwa menjanjikan magic com, kain sarung dan drum kepada warga jika memilihnya di Pemilu 2019. Hafizan Abbas merupakan caleg PKB nomor urut 1.

Sidang itu dipimpin Annisa Sitawati, selaku ketua Majelis sidang didampingi oleh 2 hakim anggota Wimmi D Simarmata dan Rizki Musmar.

Berdasarkan Pasal 280 ayat 1 huruf J junto Pasal 523 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2019 tentang pemilihan umum. Di mana dalam peraturan itu nyatakan bahwa pelaksana, peserta Pemilu, dan tim kampanye dilarang menjanjikan dan memberikan uang atau materi lainnya kepada peserta kampanye pemilu dengan kurungan pidana maksimal selama 2 tahun dan uang sebesar 24 juta rupiah dengan subsider 1 bulan kurungan.

Atas putusan hakim, Aziun Asyaari sebagai penasehat hukum Hafizan menyatakan pikir-pikir dahulu. Sementara Jaksa Penuntut Umum (JPU) Tohoda Naro, menyatakan banding kepada majelis sidang. (kha)

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini