Perolehan Suara Pemilu 2019 Anjlok, PPP Bertekad Bangkit di 2024

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 24 Mei 2019 16:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 24 606 2060003 perolehan-suara-pemilu-2019-anjlok-ppp-bertekad-bangkit-di-2024-bIcUUzvVhU.jpg Ilustrasi PPP (foto: Ist)

JAKARTA - Pertama kali dalam sejarahnya, hasil perolehan suara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di daerah pemilihan DKI Jakarta dalam Pemilu 2019 sangat anjlok. Di DPRD DKI partai berlambang Kakbah ini hanya menempatkan satu wakil saja, sedangkan untuk DPR nihil.

Politisi muda PPP Rendhika D Harsono mengatakan, keterpurukan partainya di Ibu Kota menjadi pelajaran yang sangat berarti dan akan menjadi bahan evaluasi ke depan.

Baca Juga: Proses Sengketa Pemilu Dibuka MK, NasDem Daftarkan 33 Gugatan 

Menurut pria yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Fraksi PPP di DPRD DKI, ada beberapa hal yang membuat suara partainya di Jakarta tergerus.

"Seperti kita tahu, PPP sempat mengalami dualisme kepemimpinan yang cukup lama dan dinamika isu nasional yang kurang menguntungan posisi PPP di masyarakat," kata Rendhika saat dikonfirmasi, Jumat (24/5/2019).

Politisi muda PPP Rendhika D Harsono (foto: Ist)	 

Rendhika menyebut, ada banyak hal yang harus di evaluasi dalam internal PPP bersama-sama. Namun dia enggan membeberkannya.

"Biar itu menjadi konsumsi internal kami saja, dan kami semua akan bersinergi memperbaiki kekurangan selama ini di waktu yang tepat sesuai mekanisme yang berlaku di partai kami," tuturnya.

Rendhika meyakini, PPP akan mampu bangkit di Pemilu 2024 nanti. Namun dia menyarankan agar elitnya benar-benar mengedepankan kepentingan partai, bukan pribadi.

"Sebagai partai yang selalu berpartisipasi dalam pemilu di Indonesia, PPP akan terus bergerak dinamis. Apalagi partai ini punya basis masa yang riil. Tinggal bagaimana kita melihat dan mengevaluasi sistem pemilu di tahun 2024 agar dapat kembali mendapatkan kepercayaan masyarakat," ujarnya.

Baca Juga: MK Terima 226 Perkara Sengketa Hasil Pileg 2019 

Kembali lagi soal hasil Pemilu 2019 yang sangat jauh dari kata memuaskan. Tegas Rendhika, sebagai kader partai politik sudah siap dan harus menerima hasil kontestasi pemilu.

"Ada yang menang, ada yang kalah adalah konsekuensi dari kontestasi. Ini hanya bagian dari perjalanan kami sebagai pengawal aspirasi masyarakat. Mari kita dukung yang terpilih untuk meneruskan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat," ucapnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini