nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendagri Bawa 3 Pasang Gubernur-Wakil Gubernur Sowan ke KPK

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Rabu 12 Juni 2019 13:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 12 337 2065622 mendagri-bawa-3-pasang-gubernur-wakil-gubernur-sowan-ke-kpk-TtAu0KXbfT.jpg Mendagri Tjahjo Kumolo menyambangi Gedung KPK (Foto: Arie/Okezone)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo membawa tiga Gubernur dan Wakil ‎Gubernur terpilih menyambangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, pada hari ini. Mereka yang dibawa ke KPK oleh Tjahjo pada hari ini merupakan yang terakhir.

Adalah pasangan Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim selaku Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung masa jabatan 2019-2024. Kemudian, Gubernur Maluku, Murad Ismail bersama wakilnya Barnabas Orno, serta Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba beserta wakilnya Al Yasin Ali.

"Hari ini adalah pelantikan Gubernur terakhir hasil Pilkada yaitu Lampung. Kemudian kemarin Maluku dan Maluku Utara. Seperti biasa setelah dilantik kan kita ajak ke KPK untuk berdiskusi dan berdialog yang berkaitan strategi pencegahan korupsi dan hal-hal yang apa mungkin ada masukan dari ketua yang KPK yang ada," kata Tjahjo di Gedung KPK, Rabu (12/6/2019).

Mendagri Tjahjo ke Gedung KPK (Foto: Arie/Okezone)

Sekadar informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Gubernur dan Wagub Lampung, Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim (Nunik), pada hari ini. Pasangan tersebut ‎dilantik di Istana Negara, Jakarta.

Sebelumnya, Jokowi telah lebih dulu melantik Murad Ismail dan Barnabas Orno sebagai Gubernur-Wagub Maluku serta Abdul Ghani Kasuba dan Al Yasin Ali sebagai Gubernur dan Wagub Maluku Utara. Ketiganya disatukan untuk diajak sowan ke KPK pada hari ini.

(Baca Juga: Jokowi Lantik Arinal-Nunik Jadi Gubernur dan Wagub Lampung)

"Karena kemarin hari berbeda antara Maluku dan Maluku Utara maka harinya di gabung. Selesai sudah semua gubernur dan yang sudah dilantik langsung dibawa berdialog dan berdiskusi. Agar ada satu pandangan, satu visi untuk pencegahan masalah korupsi," terangnya.

Prosesi sowan ke KPK terhadap para kepala daerah dilakukan Mendagri untuk mencegah praktik korupsi di daerah. Hal itu dilakukan Tjahjo usai Presiden Jokowi melantik para kepala daerah terpilih. Ritual ini baru dilakukan Mendagri pada tahun ini.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini