nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suara Radio Amatir Ganggu Pilot saat Terbang, AirNav Terima 18 Aduan

Herman Amiruddin, Jurnalis · Kamis 20 Juni 2019 09:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 20 609 2068591 suara-radio-amatir-ganggu-pilot-saat-terbang-airnav-terima-18-aduan-eY4s4PZLe4.jpg Ilustrasi komunikasi pilot pesawat dengan ATC.

MAKASSAR - Suara radio amatir ganggu penerbangan pada wilayah sekitar Surabaya, Bali dan Pangkalanbun. Suara dari radio amatir tersebut masuk dalam komunikasi pilot pesawat.

Hal ini terungkap dari adanya keluhan dari pilot yang mengalami insiden ini. Pasalnya, salah satu gangguan yang dihindari dalam dunia penerbangan adalah gangguan komunikasi pesawat dengan Air Traffic Controller (ATC).

Hal itu dibenarkan GM Airnav Makassar, Novy Pantaryanto di Makassar, Rabu (19/6/2019) malam. Dia mengatakan, keluhan pilot dalam penerbangan terkait dengan suara radio amatir tersebut menambah laporan di tahun 2019.

"Laporan yang kami terima selama semester awal 2019 sudah sampai 18 laporan frekuensi radio liar yang mengganggu penerbangan," ujar Novy kepada Okezone di Makassar.

Foto: Shutterstock

"Nah jika perihal itu terus berlangsung tentunya sangat mengganggu keselamatan penerbangan. Apalagi dengan jumlah pesawat cukup banyak dan akan melintas pada satu sektor tersebut kan itu cukup mengganggu keselamatan dalam penerbangan," ujar Novy.

Radio amatir yang dikeluhkan oleh pilot diduga menggunakan peralatan tidak sesuai tandar.

"Diduga ada radio amatir yang menggunakan peralatan tidak standar, sebab pesawat saat itu sedang menggunakan komunikasi dengan ATC di darat sehingga pesawat tertutup istilahnya. Tapi suara dari radio amatir itu menganggu pilot," ujarnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini