nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kronologi Ledakan Mobil yang Menghanguskan SPBU

Avirista Midaada, Jurnalis · Sabtu 22 Juni 2019 21:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 22 519 2069737 kronologi-ledakan-mobil-yang-menghanguskan-spbu-Jb6VtNC2Bt.jpg Mobil yang meledak di SPBU (foto: Avirista/Okezone)

PONOROGO - Kebakaran yang menghanguskan salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jalan Ahmad Yani, Kota Ponorogo, pada Sabtu (22/6/2019), diduga karena jerigen plastik yang dibawa sebuah mobil carry terbakar.

Kapolres Ponorogo AKBP Radiant menyebut bila kebakaran tersebut berawal dari sebuah mobil carry berwarna hitam tengah mengisi BBM jenis premium.

"Ada mobil usai mengisi bahan bakar premium tiba - tiba saja mengeluarkan percikan api dan meledak," ungkap Radiant.

 Baca juga: SPBU Hangus Terbakar Akibat Ledakan Mobil

Ia menambahkan, sesaat usai mengisi bahan bakar dan berjalan 10 meter dari pompa, muncul percikan api dari bagian belakang mobil.

"Percikan dari belakang, kemudian pengemudi dan penumpang yang suami istri ini berlari keluar mobil meninggalkan keadaan masih nyala," terangnya.

 Kebakaran SPBU

Saat itulah, mobil terus berjalan sendiri mendekati pompa pengisian bahan bakar jenis pertalite sehingga langsung menyambar pompa dan sebuah tangki tempat bahan bakar pertalite.

"Api cepat membesar karena di dalam mobil juga ada gas elpiji yang dibawa serta menyambar pompa SPBU dan langsung membesar," lanjutnya.

Akibat peristiwa ini seluruh bagian pompa SPBU hangus terbakar, dengan taksiran kerugian mencapai Rp750 juta. Sementara itu, mobil carry berwarna hitam dengan Nopol AD 9062 CG juga ikut ludes terbakar.

"Masih penyelidikan untuk penyebab pastinya," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini