nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PM Malaysia, Mahathir Mohamad Akan Mundur dalam Waktu Tiga Tahun

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 24 Juni 2019 11:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 24 18 2070099 pm-malaysia-mahathir-mohamad-akan-mundur-dalam-waktu-tiga-tahun-7Kuhwl8rbO.jpg Foto: Reuters.

KUALA LUMPUR – Perdana Menteri Mahathir Mohamad mengatakan bahwa dia akan mundur dari jabatannya dalam waktu tiga tahun untuk menyerahkan kendali pemerintahan kepada Pimpinan Partai Pakatan Rakyat (PKR) Anwar Ibrahim.

"Sejauh yang saya ketahui, saya telah berjanji bahwa saya akan mundur dan Anwar akan menggantikan saya," kata Mahathir dalam wawancara dengan CNBC pada Sabtu, 22 Juni di Bangkok, di mana dia menghadiri KTT ASEAN.

Mahathir mengatakan bahwa pemerintah Malaysia membutuhkan waktu tiga tahun untuk mengurangi utang yang mencapai 80 persen GDP menjadi 54 persen.

Ketika ditanya apakah dia akan tetap menjabat untuk merealisasikan tujuan itu, Mahathir mengatakan bahwa dia akan mundur setelah tiga tahun.

"Saya tidak akan melebihi tiga tahun," ujarnya. Mahathir mengatakan bahwa prioritasnya adalah untuk memungkinkan Malaysia “mengatasi masalah utangnya” bahkan setelah dia mengundurkan diri.

Masalah transisi kekuasaan telah diangkat ke permukaan baru-baru ini, karena tidak ada kerangka waktu formal yang telah ditetapkan.

Pada Februari, Anwar mengatakan bahwa dia berharap menjadi perdana menteri dalam waktu tidak lebih dari dua tahun. Mantan wakil perdana menteri itu menambahkan bahwa Mahathir harus diberikan ruang yang cukup untuk memerintah secara efektif selama "masa yang sangat sulit”.

Sebelum Pemilihan Umum Malaysia ke-14, partai-partai komponen Pakatan Harapan dilaporkan setuju bahwa jika mereka menang, Mahathir akan menjadi perdana menteri selama dua tahun sebelum menyerahkan kendali kepada Anwar.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini