nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

"Palu Thor" Selamatkan Mobil Tak Kuat Nanjak di Jalur Ekstrem Lereng Lawu

krjogja.com, Jurnalis · Senin 24 Juni 2019 11:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 24 512 2070113 palu-thor-selamatkan-mobil-tak-kuat-nanjak-di-jalur-ekstrem-lereng-lawu-IRDuQbTTeQ.jpg Aprat TNI dan Polri Ganjal Ban Truk yang Tak Kuat Menanjak di Jalan Lama Tawangmangu-Sarangan (foto: Abdul Alim/KRJogja)

KARANGANYAR - Guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan di jalur ekstrem Lereng Lawu, Satlantas Polres Karanganyar mengintensifkan kembali peran Satgas Ganjal Ban. Mereka dibekali alat pengganjal ban yang diberi nama "palu Thor".

Relawan dan masyarakat umum juga personel TNI ikut diajak siaga di waktu-waktu tertentu, menjadi personel Satgas yang bertugas mengganjal ban kendaraan.

Baca Juga: Korban Kecelakaan Maut Bus Vs Avanza Bertambah, 7 Orang Dilaporkan Tewas 

Secara berkala, personel Satgas akan diterjunkan dalam situasi tertentu, terutama saat lalu lintas kendaraan cukup padat. Bermodal alat pengganjal ban dari kayu, petugas cepat-cepat menyelipkannya ke sela roda dan aspal saat melihat mobil kehilangan tenaga. Cara ini untuk mencegah mobil ngelondor dan menghantam mobil di belakangnya.

Ilustrasi Kecelakaan Lalu Lintas (foto: Shutterstock)          Ilustrasi Kecelakaan Lalu Lintas (foto: Shutterstock) 

Alat pengganjal yang diberi nama ‘palu Thor’itu, karena berbentuk seperti palu tokoh komik Marvel Studio, Thor. Beberapa personel lain sigap menahan kendaraan dari belakang setelah ban-nya diganjal, lalu mendorongnya pelan-pelan hingga kendaraan kembali melaju menaiki tanjakan.

“Seperti di Desa Gondosuli, Tawangmangu ini, tanjakannya termasuk ekstrim. Kemiringannya mencapai 40-an derajat. Jika tak kuat menanjak, kendaraan bisa meluncur turun kalau tidak ditahan. Di sinilah peran Satgas Ganjal Ban, mencegah terjadinya kecelakaan akibat kendaraan tak kuat menanjak," jelas Kanit Regident Satlantas Polres Karanganyar Iptu Ahmad Riedwan Prevoost.

Ia mengatakan, Satgas Ganjal Ban akan diterjunkan pada momentum tertentu, seperti akhir pekan dan libur panjang yang membuat lalu lintas kendaraan cukup padat, ataupun di momentum arus mudik-arus balik hari raya. Dijelaskan, tak semua pengemudi berpengalaman di medan menanjak.

Baca Juga: Minibus Tabrak Truk Tronton, 3 Orang Tewas

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini