Besok Bandung Gelar Asia Afrika Festival, Sejumlah Jalan Dialihkan

CDB Yudistira, Okezone · Jum'at 28 Juni 2019 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 28 525 2072047 besok-bandung-gelar-asia-afrika-festival-sejumlah-jalan-dialihkan-7NHPFQvmMH.jpg Foto Istimewa

BANDUNG - Akhir pekan ini, Kota Bandung bakal menggelar Asia Afrika Festival (AAF 2019). Khususnya pada Sabtu (29/6/2019), ribuan orang bakal memenuhi sejumlah titik di kawasan pusat Kota Bandung.

Beberapa lokasi dan ruas jalan yang akan digunakan untuk acara Asia Afrika Festival 2019 seperti Jalan Asia Afrika, Tamblong, Braga, Alun-alun Timur dan Jalan Cikapundung Barat.

Satlantas Polrestabes Bandung, menyiapkan pengalihan arus lalu lintas selama acara belangsung. Adapun penutupan dilakukan dari kawasan Simpang empat sebelum hotel Savoy Homan hingga Mesjid Agung. Penutupan dilakukan besok pagi.

Untuk pengalihannya, kendaraan yang menuju ke Jalan Sudirman di arahkan ke Jalan Tamblong, kemudian ke Jalan Veteran, lalu ke Jalan Sunda, melalui Jalan Sumbawa, Belitung, Sumatera, Aceh, Merdeka, Perintis Kemerdekaan, Suniaraja, dan Jalan Otista.

Sementara arus kendaraan yang mengarah ke Jalan Tegalega, diarahkan ke Jalan Lengkong Besar, Pungkur, dan Jalan Otista.

"Pengalihan ini hanya berlaku dalam satu hari. Dan akan dilakukan pada pukul 06.00 sampai dengan acara selesai," ujar KasubagHumas Polrestabes Bandung Kompol Santhi Rianawati, di Mapolrestabes Bandung, Jumat (28/6/2019).

 Asia Afrika Festival

Selama pengalihan arus lalu lintas, ditempatkan personel Satlantas dan Dishub Kota Bandung, untuk memberikan pengawalan pengalihan arus.

Dalam kegiatan AAF, festival diawali dengan historical walk dari Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, menuju Palestine Walk tepat berada di depan Alun-alun Bandung.

 Di lokasi tersebut, para peserta akan melepas burung merpati sebagai simbol perjuangan rakyat Palestina. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 08.00-10.00 WIB.

Selanjutnya, pada pukul 10.00-12.00 WIB, digelar parade dari kota/kabupaten dan negara sabahat. Parade akan berlangsung di sepanjang Jalan Asia-Afrika. Selama parade, Jalan Asia-Afrika ditutup sementara.

Nantinya, ruas jalan yang perlu warga Bandung hindari diantaranya, Jalan Dalem Kaum dan Jalan Asia Afrika. Untuk Jalan Alun-alun Timur akan digunakan acara pelepasan burung merpati tepat di Palestina Walk pagi hari pukul 08.00-10.00 WIB. Selanjutnya, situasi lalu lintas akan kondisional atau menyesuaikan kondisi lalu lintas nantinya.

 Asia Afrika Festival

Sementara itu, untuk kegiatan parade penampilan negara delegasi serta kabupaten kota yang ikut serta memeriahkan, terletak di Jalan Asia Afrika pada pukul 10.00-12.00 WIB. Jalan tersebut selama perhelatan parade akan ditutup sementara.

Setelah parade, festival bakal dimeriahkan oleh hiburan musik. Panggung pentas musik terletak di pinggir Gedung Merdeka Jalan Braga. Acara ini berlangsung hingga malam hari.

Warga juga diimbau untuk memilih transportasi umum jika ingin hadir di Asia-Afrika Festival. Jika menggunakan kendaraan pribadi bisa memarkirkannya di basemen Alun-alun Bandung dan kawasan lainnya yang sudah disediakan tempat parkir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini