nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Resmi Buka Hubungan Diplomatik dengan Kepulauan Cook dan Niue

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 13 Juli 2019 12:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 13 18 2078404 indonesia-resmi-buka-hubungan-diplomatik-dengan-kepulauan-cook-dan-niue-vNJL0wuKjV.jpg Indonesia resmi menjalin hubungan diplomatik dengan Kepulauan Cook dan Niue. (Foto: Dok. Kemlu RI)

AUCKLAND – Indonesia mendapat sahabat baru di Pasifik setelah dua negara, Kepulauan Cook dan Niue resmi membuka hubungan diplomatik dengan Jakarta pada Jumat, 12 Juli. Upacara pembukaan hubungan diplomatik dengan kedua negara tersebut dilangsungkan di sela penyelenggaraan Pacific Exposition 2019 di Auckland, Selandia Baru.

Dalam upacara tersebut, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menandatangani komunike bersama dengan Perdana Menteri (PM) Henry Puna dari Kepulauan Cook dan PM merangkap Menlu Niue, Tukufia Talagi.

“Pembukaan hubungan diplomatik dengan Kepulauan Cook dan Niue telah melengkapi cakupan hubungan diplomatik Indonesia dengan seluruh negara Pasifik. Hal ini memperluas ikatan Indonesia di kawasan Pasifik dan memungkinkan Indonesia untuk secara langsung hadir dan menjadi bagian dari solusi bagi sejumlah tantangan bersama seperti perubahan iklim, bencana alam dan lainnya,” kata Menlu Retno sebagaimana dikutip dari keterangan pers Kementerian Luar Negeri.

Pertemuan Menlu RI dengan PM Kepulauan Cook, Auckland, 12 Juli 2019. (Dok. Kemlu RI)

Kepulauan Cook menyambut baik hari bersejarah ini dan bertekad untuk memajukan berbagai potensi kerja sama bilateral dengan Indonesia seperti tenaga kerja di sektor pariwisata dan agrikultur.

Pertemuan Menlu RI dengan PM Niue, Auckland, 12 Juli 2019. (Dok. Kemlu RI)

Sementara PM Niue meyakini bahwa Indonesia dan Niue akan terus menjadi sahabat dekat pada tahun-tahun mendatang. Niue juga menyampaikan harapannya untuk menggali potensi kerja sama peningkatan kapasitas serta meningkatkan perdagangan dan investasi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini