nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Punya Uang, Seorang Janda Nekat Curi Berlian Milik Majikan Senilai Rp850 Juta

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 15 Juli 2019 23:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 15 519 2079253 tak-punya-uang-seorang-janda-nekat-curi-berlian-milik-majikan-senilai-rp850-juta-DWEOkGDgZe.jpg Polres Malang Ungkap Kasus Janda yang Berprofesi sebagai PRT Curi Berlian Rp850 Juta Milik Majikannya (foto: Avirista Midaada/Okezone)

MALANG - Dwisa Yuliati (43) Seorang pembantu rumah tangga (PRT) asal Kupang yang bekerja di Kota Malang harus berurusan dengan kepolisian akibat nekat mencuri perhiasan berlian milik sang majikan senilai Rp850 juta.

Dwisa diamankan setelah sebelumnya melakukan pencurian saat bekerja di sebuah rumah milik l dr. Lisa (44) di Jalan Borobudur Agung Barat II C / 10 RT 07 RW 11, Kelurahan Mojolangu, Lowokwaru, Kota Malang.

Baca Juga: Ambil Dompet Berisi Rp10 Juta yang Terjatuh, Ibu dan Anak Ini Dipenjara 

Polres Malang Ungkap Kasus Janda yang Berprofesi sebagai PRT Curi Berlian Rp850 Juta Milik Majikannya (foto: Avirista Midaada/Okezone)

Wakapolres Malang Kota Kompol Arie Trestiawan mengatakan tersangka diamankan berdasarkan laporan kehilangan sejumlah 13 perhiasan berlian milik sang majikan.

"Jadi pelaku DY ini bekerja selama 6 bulan di rumah majikannya di kawasan Borobudur Agung. Kemudian dia tanpa izin pamit ke majikannya keluar pada Mei 2019," ujar Kompol Arie Trestiawan, saat memimpin rilis di Polres Malang Kota, pada Senin siang (15/7/2019).

Selang satu bulan kemudian, sang majikannya LS merasa kehilangan pakaian miliknya, lalu korban mencoba mengecek kotak perhiasan yang tersimpan pada kotak di bawah tempat tidurnya.

"Saat dicek ternyata kotak perhiasan dengan surat - suratnya tak ada di lokasi. Total ada 13 perhiasan dengan nilai Rp850 juta yang hilang," jelasnya.

Setelah dilakukan penyelidikan pihak kepolisian, pelaku pencurian perhiasan berlian mengarah kepada mantan pembantu rumah tangga Dwisa Yuliati.

"Korban ini baru sadar setelah sebulan kemudian. Jadi pelaku DY ini keluar pada April 2019. Pada Mei 2019 korban baru sadar perhiasannya hilang. Setelah dilakukan penyelidikan mengarah ke mantan pembantunya," tuturnya.

Arie menyatakan, pelaku yang merupakan janda satu anak berhasil diamankan saat tengah berkencan dengan seorang pria pada Rabu 3 Juli 2019 pukul 02.30 WIB.

"Selain DY, dua penadah yakni DS dan SS yang menjualkan perhiasan itu ke toko emas juga kita amankan. Oleh keduanya dijual Rp250 juta, sementara sisa perhiasan lainnya belum ditemukan masih dalam penyelidikan," lanjutnya.

Baca Juga: Buronan 2 Bulan, Pencuri Emas 15 Kg Ditangkap Polisi 

Polres Malang Ungkap Kasus Janda yang Berprofesi sebagai PRT Curi Berlian Rp850 Juta Milik Majikannya (foto: Avirista Midaada/Okezone)

Di sisi lain, tersangka Dwisa Yuliati, mengaku nekad mencuri perhiasan berlian milik mantan majikannya karena terhimpit kebutuhan ekonomi dan tak punya uang.

"Saya gunakan untuk kebutuhan beli makan dan kebutuhan sehari - hari," ungkapnya.

Akibat perbuatannya, Dwisa Yuliati terancam dijerat pasal 363 subsider Pasal 362 KUHP juncto Pasal 65 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara. Sementara kedua penadah dijerat dengan Pasal 480 KUHP dengan ancaman maksimal 4 tahun penjara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini