nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kondom Bekas hingga Celana Dalam Sumbat Saluran Air di Mega Kuningan Jaksel

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 19 Juli 2019 17:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 19 338 2081098 kondom-bekas-hingga-celana-dalam-sumbat-saluran-air-di-mega-kuningan-jaksel-jYEiA4zbFD.jpg Ilustrasi (Dede/Okezone)

JAKARTA – Petugas Perusahaan Daerah Pengelola Air Limbah DKI Jakarta (PD PAL Jaya) menemukan banyak sampah termasuk kondom bekas dan limbah plastik yang menyumbat saluran air atau gorong-gorong di sekitar Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Sampah itu mulai diangkut sejak beberapa hari lalu.

“Itu (kondom bekas) tidak satu-satunya. Banyak pampers, banyak celana dalam, banyak plastik, banyak macam-macamlah,” kata Direktur Utama PD PAL Jaya, Subekti saat dihubungi wartawan, Jumat (19/7/2019).

Selain sampah itu, petugas juga menemukan kabel 35 meter di gorong-gorong kawasan tersebut.

Limbah itu ditemukan mulanya dari adanya keluhan ke PAL Jaya bahwa ada saluran tersumbat di belakang Kedutaan Besar China untuk Indonesia di Mega Kuningan. Tim PAL Jaya pun menelusurinya sejak 2 Juli lalu.

“Akhirnya ditemukanlah di belakang Keduataan (Besar) Malaysia,” ujar Subekti.Kondom

Petugas kemudian mulai mengeruk saluran tersebut dan mengangkat sampah-sampah yang menyumbat lubang saluran. Sampahnya ada 10 karung yang sudah diangkat, tapi salurannya belum lancar sempurna.

“Sampah-sampah itu yang 10 karung memang bermacam-macam sampahnya. Ada celana dalam, baju, pampers termasuk kondom dan sebagainya. Kalau kondom sih banyak sekali. Cuma kan kemarin staf saya di sana lihat iya nih banyak kondom,” kata Subekti.

PAL Jaya mengakui bahwa sampah-sampah yang menyumbat saluran air tersebut berasal dari perkantoran dan gedung-gedung di kawasan Mega Kuningan.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini