nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahasiswi yang Rekayasa Penculikan demi iPhone X Akan Jalani Tes Kejiwaan

Herman Amiruddin, Jurnalis · Sabtu 20 Juli 2019 12:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 20 609 2081390 mahasiswi-yang-buat-rekayasa-penculikan-demi-iphone-x-akan-jalani-tes-kejiwaan-3uWRiDz603.jpg Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Indratmoko (foto: Herman Amiruddin/Okezone)

MAKASSAR - Polisi bakal melakukan tes kejiwaan terhadap Reza Azzahrah alias Eca (19) lantaran telah melakukan rekayasa penculikan dirinya dengan meminta uang tebusan ke orang tua kandungnya Rp25 Juta demi membeli iPhone X.

Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Indratmoko mengatakan, penanganan pemeriksaan kejiwaan akan dilakukan oleh Dinas Perlindungan Anak dan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polrestabes Makassar terkait kondisi kejiwaan mahasiswi yang akrab disapa Eca tersebut.

Baca Juga: Demi Beli iPhone X, Mahasiswi Buat Rekayasa Penculikan Tipu Orangtua 

"Si anak masih kami ambil keterangan kemudian kita akan koordinasi dengan Dinas Perlindungan Anak terkait kondisi kejiwaan si anak. Sementara kita juga ambil handphonenya untuk mendalami motif si anak ini. Nanti juga kita panggil orangtuanya untuk tahu apa sih yang membuat anak ini sampai timbul untuk niat merekayasa penculikan ini," kata Indratmoko kepada Okezone, Sabtu (20/7/2019).

Mahasiswi Buat Rekayasa Penculikan demi iPhone X (foto: Herman Amiruddin/Okezone)	 

Indratmoko menjelaskan, Eca sudah merencanakan pemerasan kepada orang tuanya. Kasus ini terungkap saat orang tua Eca melaporkan ke polisi.

"Yang bersangkutan sudah beberapa hari tidak kembali ke rumah. Kemudian siang kemarin Kamis 18 Juli orang tua si anak ini menerima pesan WhatsApp, yang isinya menerangkan anaknya sedang disekap di suatu tempat oleh seseorang dan dikirimkan foto si anak dalam kondisi terikat dengan mata tertutup," jelas Indratmoko.

Berawal dari situ tim Jatanras Polrestabes Makassar mengejar pelaku berbekal laporan dari orang tua Eca. Kemudian Eca ditemukan pada pukul 21.00 Wita

Baca Juga: Ngebet Punya Mobil Baru, IRT Ini Nekat Gelapkan Uang Arisan Tetangga 

"Didapatkan di lokasi pertama di mana gambar korban dalam kondisi disekap. Saat itu kita hanya temukan tali pengingat. Kemudian kita dapatkan informasi jika korban berada di salah satu rumah di Kabupaten Maros," urai Indratmoko.

"Setelah kita periksa dan interogasi si anak ini bukan merupakan korban penculikan, namun si anak ini memberikan pesan singkat kepada orang tuanya bermaksud meminta uang untuk keperluan si anak ini," sambung dia menutup pembicaraan.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini