Hari Ini, TKN Jokowi-Ma'ruf Akan Dibubarkan

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 26 Juli 2019 09:52 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 26 605 2083761 hari-ini-tkn-jokowi-ma-ruf-akan-dibubarkan-CFWD8NUENx.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin akan menggelar pertemuan hari ini, Jumat (26/7/2019) sekira pukul 16.00 WIB. Agendanya yakni silaturahim sekaligus pembubaran resmi TKN secara kelembagaan.

Baca juga: NasDem Sebut Tak Akan Bahas Parpol "Pendatang Baru" di Pembubaran TKN

Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Verry Surya Hendrawan mengatakan, pertemuan itu nantinya bakal dihadiri seluruh sekjen parpol Koalisi Indonesia Kerja (KIK). Selain itu, jajaran tim pememangan lainnya juga turut hadir.

"Insya Allah pertemuan akan dihadiri (selain para sekjen parpol-red), juga dihadiri oleh para penasihat, ketua dan wakil ketua, bendahara dan wakil bendahara, direktur dan wakil direktur, koordinator pemenangan pemilu parpol, juru bicara dan koordinator penugasan khusus," ujar Verry kepada Okezone di Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Jokowi Maruf

Baca juga: Ma'ruf Amin: Posisi Menag untuk Kabinet Kerja Jilid II Masih Disaring

Sekjen PKPI itu menuturkan, tugas utama TKN adalah memenangkan paslon 01 Jokowi-Ma'ruf Amin. Dan saat ini petahana terpilih menjadi Presiden dan Wapres periode 2019-2024.

"Dengan demikian, secara de facto karena tugas telah selesai, maka TKN KIK dibubarkan. Agar juga selesai secara de jure," imbuhnya.

Verry melanjutkan, seluruh eksponen TKN akan kembali ke parpol atau ormas masing-masing, walaupun tetap mendukung dan mengawal secara kritis terhadap jalannya pemerintahan ke depan.

"Penugasan selanjutnya dalam format lain untuk mendukung pemerintahan, tentu saja menunggu arahan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024," tuturnya.

Wakil Ketua TKN Jokowi-KH Ma'ruf Amin, Moeldoko menyatakan pembubaran TKN dilakukan setelah petahana memenangkan Pilpres 2019.

"Kita akan mengakhiri TKN (Jokowi-Ma’ruf). Kami akan buat acara pembubaran TKN, mungkin sekjen-sekjen sekarang akan membicarakan itu apa kira-kira yang akan digelar nanti," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Jokowi-Maruf Amin

Sementara itu, Wakil Ketua TKN lainnya, Johnny G Plate mengatakan koalisi parpol pengusung Jokowi-Ma'ruf Amin tetap ada kendati TKN KIK dibubarkan secara kelembagaan.

Plate menuturkan, acara pembubaran TKN akan dipimpin sang ketua, Erick Thohir dan dihadiri Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) beserta jajaran TKN lainnya.

"Tahapan berikutnya kalau itu selesai, tugasnya selesai ya dibubarkan. Tapi, koalisinya tetap," pungkas dia.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini