nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Petugas hingga Ambulans Siaga di Sekitar Erupsi Tangkuban Parahu

Sabtu 27 Juli 2019 02:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 27 525 2084223 petugas-hingga-ambulans-siaga-di-sekitar-erupsi-tangkuban-parahu-q1vcNezovU.jpg Erupsi Gunung Tangkuban Parahu. (Foto: BNPB)

SUKABUMI – Palang Merah Indonesia (PMI) menyiagakan personel untuk merespons bencana erupsi akibat meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Tangkuban Parahu di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada pukul 15.48 WIB, Jumat 26 Juli.

"Saat ini kita sudah melakukan koordinasi dengan PMI wilayah setempat agar menyiagakan relawan untuk melakukan asesmen di sekitar kawasan Tangkuban Parahu," kata Kepala Markas PMI Provinsi Jawa Barat, Erlan Suherlan, Jumat 26 Juli 2019, seperti dikutip dari Antaranews.

Baca juga: Tangkuban Parahu Erupsi, Sandiaga Imbau Utamakan Keselamatan dan Tidak Panik 

Ia mengatakan, saat ini sejumlah relawan PMI dari Kabupaten Bandung Barat dan Subang sudah di lokasi dan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat untuk melakukan siaga serta antisipasi adanya peningkatan kembali aktivitas vulkanik gunung tersebut.

Erupsi Tangkuban Parahu. (Foto: Ist)

Kepala Markas PMI Kabupaten Bandung Barat Sahmudin menambahkan, selain personel, pihaknya juga menyiagakan armada ambulans untuk antisipasi bila sewaktu-waktu diperlukan untuk membantu evakuasi.

Baca juga: SAR: Masyarakat Sudah Dievakuasi, Tak Ada Korban Jiwa Akibat Erupsi Gunung Tangkuban Parahu 

"Berdasarkan informasi, abu vulkanis menyebar ke Wilayah Desa Cikole, Kecamatan Lembang, KBB, namun situasi sampai saat ini masih kondusif. Kita bersiaga dan berkoordinasi dengan BPBD, TNI/Polri, BKSDA, pengelola, dan unsur lainnya yang sudah berada di lokasi," katanya saat dihubungi terpisah.

Pihaknya juga memantau perkembangan informasi dari Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi untuk melakukan pengamatan Gunung Tangkuban Parahu.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini