nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasca-Erupsi, PVMBG Tidak Rekomendasikan Adanya Aktifitas di Gunung Tangkuban Parahu

CDB Yudistira, Jurnalis · Rabu 31 Juli 2019 15:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 31 525 2085926 pasca-erupsi-pvmbg-tidak-rekomendasikan-adanya-aktifitas-di-gunung-tangkuban-parahu-fvRlmWfFV4.jpg Erupsi Gunung Tangkuban Parahu (foto: PVMBG)

BANDUNG - Sampai dengan saat ini Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) tidak merekomendasikan adanya aktifitas masyarakat di Gunung Tangkuban Parahu, dalam radius tertentu.

Meskipun gunung Tangkuban Parahu dalam keadaan normal, namun pihak PVMBG masih belum dapat merekomendasikannya. Pasalnya ada gas beracun yang berbahaya.

Potret Abu Erupsi Gunung Tangkuban Parahu Tutupi Sebuah Mobil

Baca Juga: Gunung Tangkuban Parahu Erupsi, Wisatawan Diminta Jauhi Kawah Ratu dan Kawah Upas 

"Bahwa pemantauan aktifitasnya cenderung menurun, namun masih ada asap putih tipis dari kawah gunung. Kita merekomendasikan agar tidak ada aktifitas dalam radius 500 meter," ujar Kasubbid Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat, Nia Haerani kepada wartawan, Rabu (31/7/2019).

Nia mengatakan, PVMBG tidak memiliki kewenangan terkait di buka atau tidak kawasawan wisata Gunung Tangkuban Parahu. Namun, pihaknya hanya sebatas memberikan rekomendasi saja.

"Pembukaan kewenangan bukan di PVMBG, kami hanya berikan rekomendasi berdasarkan data pemantauan. Kalau pun itu di buka oleh pengelola kita minta masyarakat juga untuk ikuti perkembangan dari PVMBG untuk antisipasi adanya kenaikan aktifitas," urainya.

Gunung Tangkuban Perahu sempat menunjukan aktifitasnya pada Jumat 26 Juli 2019 kemarin, pada pukul 15.48 WIB sore tadi.

Ketinggian kolom abu mencapai kurang lebih 200 meter dari puncak. Berdasarkan data yang diterima, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan.

Baca Juga: Berstatus Normal, Warga Tetap Diminta Menjauh dari Gunung Tangkuban Parahu

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini