nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kecam Pencabutan Status Khusus Kashmir, Pakistan Sebut India Langgar Resolusi PBB

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 05 Agustus 2019 17:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 05 18 2087988 kecam-pencabutan-status-khusus-kashmir-pakistan-sebut-india-langgar-resolusi-pbb-kaBH5qW872.jpg Foto: Reuters.

ISLAMABAD – Pakistan pada Senin menyatakan “mengecam dengan keras” keputusan India untuk mencabut status otonomi khusus dari daerahnya di wilayah Kashmir yang disengketakan oleh kedua negara. Islamabad berjanji untuk menggunakan setiap opsi yang ada untuk melawan langkah India yang membatalkan status otonomi khusus Jammu dan Kashmir.

Pada Senin, India mencabut status khusus Kashmir dengan tujuan untuk mengintegrasikan secara penuh satu-satunya wilayah mayoritas Muslim sebagai bagian dari negara itu. Langkah tersebut merupakan tindakan paling drastis yang dilakukan India di wilayah sengketa tersebut selama hampir tujuh dekade.

BACA JUGA: Pertama Kalinya dalam Tujuh Dekade, India Cabut Status Otonomi Khusus di Kashmir

"Sebagai pihak dalam perselisihan internasional ini, Pakistan akan menggunakan semua opsi yang memungkinkan untuk melawan langkah ilegal ini," demikian disampaikan kementerian luar negeri Pakistan dalam sebuah pernyataan yang dilansir Reuters, Senin (5/8/2019).

Kementerian itu menggarisbawahi bahwa tindakan sepihak India tidak dapat mengubah status wilayah yang disengketakan, sebagaimana diabadikan oleh resolusi Dewan Keamanan PBB.

Presiden Pakistan, Arif Ali mengutuk langkah terbaru dari Delhi menyebutnya melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB dan keinginan rakyat Kashmir.

BACA JUGA: Kashmir Memanas, India Evakuasi Ribuan Warga dari Perbatasan Pakistan

Kashmir adalah wilayah di Pegunungan Himalaya yang terbagi antara India dan Pakistan. Kedua negara mengklaim seluruh wilayah tersebut sebagai bagian dari negara mereka. Wilayah itu telah menjadi sumber pertikaian antara India dan Pakistan, yang telah dua kali berperang memperebutkan Kashmir sejak mendapatkan kemerdekaan mereka dari kekuasaan Inggris.

Dewan Keamanan PBB telah secara aktif terlibat dalam mediasi dan pemeliharaan perdamaian di Jammu dan Kashmir, mengeluarkan 18 resolusi sejak konflik awal antara India dan Pakistan meletus.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini