nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Geng Bersenjata Rampok 1.500 Koin Emas Senilai Rp28,5 Miliar dari Percetakan Uang Meksiko

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 07 Agustus 2019 12:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 07 18 2088819 geng-bersenjata-rampok-1-500-koin-emas-senilai-rp28-5-miliar-dari-percetakan-uang-meksiko-yiL6bGWJlT.jpg Foto: AFP.

MEXICO CITY – Perampok bersenjata telah menggondol koin emas peringatan senilai lebih dari USD2 juta (sekira Rp28,5 miliar) dari percetakan uang Meksiko.

Diwartakan BBC, Rabu (7/8/2019), dua pria bersenjata mengancam penjaga di cabang pencetakan uang Casa de Moneda di Ibu Kota Mexico City sebelum membawa pergi 1.500 koin dari lemari besi. Mereka berhasil melarikan diri menggunakan sepeda motor sebelum polisi tiba. Tidak ada korban yang terluka dalam kejadian itu.

Koin emas, yang dikenal sebagai "centenarios", pertama kali dicetak pada 1921 untuk menandai peringatan seratus tahun kemerdekaan Meksiko dari Spanyol. Menurut media Meksiko, cabang Casa de Moneda yang sama juga dibobol tahun lalu saat direnovasi.

Dalam perampokan terbaru, kedua pria itu, salah satunya membawa senjata api, menyerbu ke cabang Casa de Moneda pada Selasa pagi. Polisi mengataka bahwa mereka telah meringkus seorang penjaga, mengambil pistolnya, sebelum salah satu perampok langsung menuju ke lemari besi yang terbuka.

La Vanguardia melaporkan bahwa penyelidik mencurigai beberapa pegawai percetakan uang mungkin terlibat dalam perampokan tersebut.

Koin-koin yang sangat dicari-cari itu memiliki lambang Meksiko di satu sisi dan desain yang menampilkan monumen Malaikat Kemerdekaan Mexico City dengan latar belakang gunung berapi di sisi lainnya.

Produksi koin-koin itu dihentikan pada 1931 tetapi karena permintaan lebih banyak telah dicetak sejak 1943.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini