nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Topan Lekima Terjang China, Tewaskan 13 Korban dan Paksa Satu Juta Orang Mengungsi

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 16:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 10 18 2090234 topan-lekima-terjang-china-tewaskan-13-korban-dan-paksa-satu-juta-orang-mengungsi-nYxvTwWq6t.jpg Foto: Reuters.

SHANGHAI - Sedikitnya 13 orang tewas dan lebih dari satu juta lainnya terpaksa meninggalkan rumah mereka di saat Topan Lekima menerjang China. Media pemerintah juga melaporkan 16 orang hilang akibat longsor yang dipicu oleh topan tersebut.

Diwartakan BBC, Sabtu (10/8/2019), Topan Lekima mendarat di China pada Sabtu dini hari, 10 Agustus di Wenling yang terletak antara Taiwan dan Shanghai. Badai itu awalnya disebut sebagai "topan super", tetapi sedikit melemah sebelum mendarat dengan membawa angin berkecepatan hingga 187km/jam.

BACA JUGA: Baru Diguncang Gempa Magnitudo 6, Taiwan Akan Hadapi Terjangan Topan Dahsyat

Sebuah longsor yang menelan korban jiwa terjadi saat sebuah bendungan jebol di Wenzhou, dekat tempat badai itu mendapat.

Lekima sekarang perlahan-lahan berbelok ke utara melalui Provinsi Zhejiang, dan diperkirakan akan melanda Shanghai, yang memiliki populasi lebih dari 20 juta.

Kru darurat telah berjuang untuk menyelamatkan pengendara yang terdampar karena banjir. Pohon tumbang dan pemadaman listrik terjadi secara luas. Pihak berwenang telah membatalkan lebih dari seribu penerbangan dan membatalkan layanan kereta saat kota itu bersiap menghadapi badai.

Lekima diperkirakan akan kembali melemah sebelum mencapai Shanghai, meski masih membawa risiko menyebabkan banjir.

BACA JUGA: Lima WNI Anak Buah Kapal Taiwan Dilaporkan Hilang di Laut

Sekira 250.000 orang di Shanghai telah dievakuasi, sementara 800.000 orang lainnya di Provinsi Zhejiang juga telah diungsikan dari rumah mereka. Media pemerintah China mengatakan bahwa diperkirakan 2,7 juta rumah di wilayah itu kehilangan daya karena tiang-tiang listrik tumbang akibat angin kencang.

Xinhua melaporkan bahwa Lekima adalah topan kesembilan yang melanda China pada tahun ini, tetapi merupakan yang terkuat dalam beberapa tahun terakhir. Topan itu awalnya diberi peringatan cuaca tingkat tertinggi tetapi kemudian diturunkan ke tingkat "oranye".

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini